Home / Fokus Majalengka / Jawa Barat Tetapkan Desa Liangjulang Jadi Pusat Launching Desa Tangguh Nusantara

Jawa Barat Tetapkan Desa Liangjulang Jadi Pusat Launching Desa Tangguh Nusantara

MAJALENGKA, – Jawa Barat menetapkan Desa Liangjulang, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka sebagai percontohan Desa Tangguh Nusantara. Berkat penobatan itu, Desa Liangjulang dijadikan tempat pusat launching Desa Tangguh Nusantara di antara 700 Desa Tangguh dari 22 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

Terpilihnya Desa Liangjulang sebagai pemusatan lokasi launcing Desa Tangguh Nusantara karena dinilai memiliki tingginya tingkat partisipasi masyarakat dan kebersamaan dalam mengamankan desa, memiliki kecenderungan yang kuat pola hidup sehat serta pemberdayaan di bidang potensi kearifan lokal.

“Saya menghaturkan terima kasih atas penghargaan dari Polda Jabar dan Kapolres Majalengka yang telah menjadikan lokasi Liangjulang sebagai tempat launching Desa Tangguh yang diselenggarakan oleh TNI-Polri,” ungkap Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi, Kamis (9/7/2020).

Adapun, Desa Tangguh Nusantara di Desa Liangjulang dinamakan Desa Tangguh Raharja yang maknanya diambil dari kearifan lokal Majalengka.

Berkat pemberdayaan yang dimiliki di bidang kesehatan, pertanian, perikanan, agroponik hingga daya kreativitas dan inovasi menjadikan daya dukung terhadap ketangguhan masyarakat Desa Liangjulang dalam menjalani kehidupan di masa pandemi Covid 19.

Pemkab Majalengka akan terus memonitoring pergerakan Kampung Tangguh di Liangjulang sebagai percontohan sekaligus untuk memotivasi desa-desa lainnya agar tangguh di situasi Covid 19.

“Saya sudah memposisikan apapun warna zonanya Majalengka, kita akan tetap waspada dan antisipasi pergerakan Covid 19,” ungkap Karna Sobahi.

Menurut bupati, ada dua lokasi yang memiliki tingkat kerawanan cukup tinggi peluang terjadinya penyebaran virus corona yakni pasar dan objek wisata.

“Pasar dan objek wisata menjadi perhatian khusus bagi kami. Makanya Satpol PP, Dishub, pemerintah setempat maupun pengelola terpadu menangani dua lokasi itu agar tingkat pergerakan pengunjung dapat dikendalikan dan meminimalisir risiko penyebaran Covid 19,” jelasnya. (hen)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Desa Kawunggirang Tangguh Lawan Covid 19, Panen Raya Padi dan Budidaya Ikan di Saung Pakuwon

MAJALENGKA, -Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso mengapresiasi penuh aneka sayuran yang ...

%d blogger menyukai ini: