Home / Berita Terkini / 16 Parpol Peserta Pemilu di Majalengka Tandatangani Petisi Damai

16 Parpol Peserta Pemilu di Majalengka Tandatangani Petisi Damai

MAJALENGKA, – Seluruh Caleg dari partai politik (Parpol) di Majalengka yang mengikuti kontestasi Pemilu 17 April mendatang berkumpul di Graha Sindangkasih Majalengka, Jumat (15/3/2019).

Pertemuan ini diinisiasi oleh Polres Majalengka dalam rangka silaturahmi Kamtibmas dan deklarasi Caleg DPRD Majalengka dalam mewujudkan kondisi aman, damai dan sejuk Pemilu 2019. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Majalengka, KPUD Majalengka, Bawaslu Majalengka, Ketua MUI Majalengka, para ketua partai berikut unsur Forkopimda.

Ketua KPU, Agus Syuhada merasa sangat bangga dengan digelarnya pertemuan silaturahmi ini yang mengusung deklarasi damai untuk seluruh stakeholder Pemilu. Pesta demokrasi merupakan kerja bersama sebab ujung tombak kesuksesannya pun bergantung dari hasil penyatuan persepsi semua pihak yakni berkomitmen menjaga situasi aman, damai dan sejuk hingga hasil akhir.

Dikatakannya, angka partisipasi pemilih di Majalengka mencapai 80% dan hal ini merupakan hasil kerja semua pihak termasuk upaya dari para Caleg yang memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat.

Kemudian Ketua Bawaslu Majalengka, Agus Arsi Syabana, mengucapkan terimakasih atas diselenggarakannya kegiatan ini atas inisiasi Polres Majalengka.

Ia menyampaikan, dengan adanya angka partisipasi Pemilu di Majalengka mencapai 80%, pihaknya berikhtiar melakukan road show ke semua parpol membangun komitmen agar Pemilu di Majalengka bisa berjalan lancar berdaulat, berkualitas dan berintegritas serta meningkatkan pengawasan Pemilu yg lebih berat.

“Kami membuka ruang dan kesempatan bagi peserta Pemilu yg akan menyampaikan laporan jika ada temuan pelanggaran dalam Pemilu, pintu Bawaslu terbuka lebar dan siap untuk terima aduan-aduan. Dipastikan satu suara pun akan diamankan,” tegasnya.

Kemudian Dandim 0617 Majalengka, Letkol. Arm. Novi Herdian, menyikapi seringnya terjadi ‘bumbu-bumbu’ di pesta demokrasi diharapkan masyarakat lebih bijak dalam mengambil sikap. “Semua pihak diharapkan dalam melakukan Pemilu yg gembira dan bertanggung jawab,” imbaunya.

Ia pun mengingatkan, dalam menghadapi maraknya atau adanya sentuhan dari berita berbau hoax yang dapat menimbulkan perpecahan, diharapkan masyarakat dapat lebih mencermati dan melakukan fiterisasi dalam mengkaji dan menyerap berita dengan akal sehat.

Kapolres Majalengka, AKBP. Mariyono, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut. Menyikapi kemungkinan konflik sosial di tengah masyarakat, jajarannya selalu melakukan koordinasi ke semua wilayah penjuru yang ada di Majalengka untuk mendeteksi sedini mungkin agar dapat ditekan, sebab penyelesaian potensi konflik secara dini merupakan salah satu prioritas Polri.

Jika tidak disikapi dengan cepat, dikhawatirkan potensi yang ada akan berkembang dan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kunci utama dalam mendeteksi potensi dan penyelesaian masalah adalah pendekatan secara persuasif kepada masyarakat. Harus proaktif untuk mendeteksi potensi konflik sehingga bisa dicegah secara dini,” tegasnya.

Senada dengan Bupati Majalengka, Karna Sobahi. Dikatakannya, berdasarkan cerminan pada pengalaman digelarnya Pilkada dan Pilpres terdahulu, Majalengka dinyatakan kondusif. Untuk itu, ia pun mengimbau kepada semua stakeholder yang terlibat agar dapat bersama-sama menjaga dan menjalankan pesta demokrasi yang aman, damai, sejuk berkualitas.

Kegiatan diakhiri dengan penyeruan deklarasi damai yang diikuti oleh semua tamu undangan dan para caleg, kemudian ditutup dengan penandatanganan petisi damai oleh 16 ketua Parpol yakni PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Garuda, Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Demokrat, Bulan Bintang dan PKPI dengan disaksikan oleh Bupati Majalengka, KPUD Majalengka dan Bawaslu Majalengka serta undangan lainnya. (hen)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kapolres Mariyono Lakukan Monitoring ke Sejumlah PPK Pemilu

MAJALENGKA, – Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono, melakukan monitoring ke sejumlah Panitia Pemilihan ...

%d blogger menyukai ini: