Home / Fokus Majalengka / 196 KK Warga Desa Mandapa Terima BLT dari Dana Desa

196 KK Warga Desa Mandapa Terima BLT dari Dana Desa

MAJALENGKA, – Kepala Desa Mandapa, Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka dibuat bingung dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Provinsi Jawa Barat untuk warganya yang terdampak Covid-19. Hal itu lantaran jauh dari harapan dan tidak sesuai dengan kondisi di lapangan.

“Hanya empat warga yang mendapat bantuan dari gubernur, itu pun yang dua orangnya satu orang sudah meninggal dan satu orangnya sudah pindah,” ujar Kades Mandapa, Cucu Hasan Nugraha S.T, Selasa (5/5/2020).

Kemudian, lanjut Kades Cucu, penerima bantuan langsung tunai (BLT) diharuskan warga penerima manfaat tersebut harus membuka rekening. “Berarti non tunai kan?, yang saya pahami jika membuka rekening harus ada saldo awal minimal Rp.50.000. Belum lagi terbebani oleh hal-hal lainnya,” katanya.

Menurut Kades Cucu, bantuan tersebut jauh dari harapan, sebab pada awalnya mengacu pada petikan pidato gubernur bahwa semua warga yang terdampak Covid 19 akan mendapat bantuan dan dipinta untuk diusulkan sebanyak-banyaknya. Maka pihaknya pun mengusulkan sebanyak 200 lebih warganya untuk mendapatkan bantuan. Namun pada kenyataannya hanya dua warganya yang mendapatkan bantuan tersebut.

Sementara mengenai pendataan dan penyaluran BLT dari dana desa yang diberikan kepada warga kurang mampu yang belum mendapatkan program bantuan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Kartu Prakerja berjumlah 196 Kepala Keluarga (KK) dari 3 Blok sesuai dengan kriteria ketentuan yang memenuhi 14 kriteria.

Setiap penerima BLT dana desa masing-masing akan mendapatkan 600 ribu/bulan terhitung sejak April, Mei, Juni hingga total menjadi Rp.1,8 juta. Alokasi pemberian BLT dana desa dibagi dalam tiga tingkatan dengan melihat pada besarnya dana desa.

Dengan demikian, Kades Cucu berharap, dengan adanya kebijakan seperti ini bisa mengurangi beban masyarakat yang kehilangan mata pencaharian akibat dampak pandemi virus corona.

Mengenai upaya penanganan penyebaran Covid 19, Pemdes Mandapa bersinergi dengan Muspika setempat melakukan sejumlah kegiatan seperti sosialisasi, pembagian masker hingga penyemprotan disinfektan ke jalan dan rumah warga serta ke 1 masjid dan 21 mushola.

“Kita telah membagikan masker kepada warga 700 pcs pada tahap pertama, kemudian 1100 pcs dan 730 pcs,” sebutnya.

Terakhir, Kades Cucu pun mengimbau kepada warganya untuk tetap mematuhi semua aturan yang di keluarkan oleh pemerintah, baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sehingga musibah pandemi corona secepatnya hilang dan segala aktivitas dapat berjalan lancar seperti semula. (yaya/SKN-2)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Karna Sobahi Dorong Pengembangan Wisata Alam Cibaringkeng dan Sanghyang Dora sebagai “Raja Ampat”nya Majalengka

MAJALENGKA, – Bupati Majalengka, DR. H. Karna Sobahi, M.M.Pd, mendorong berkembangnya pariwisata ...

%d blogger menyukai ini: