Home / Fokus Majalengka / 50 Lansia Jalani Operasi Katarak Gratis

50 Lansia Jalani Operasi Katarak Gratis

MAJALENGKA, – Kegiatan bakti sosial operasi katarak yang sudah terprogram bahkan berjalan beberapa tahun yang lalu oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka yang lalu kini kembali digelar.

Sedikitnya ada 50 orang pasien lanjut usia (lansia) yang menjalani operasi katarak gratis. Operasi dilakukan oleh dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Cicendo bertempat di Puskesmas Cigasong, Kamis (25/2/2021).

“Karena ini setiap tahun harus laksanakan, nanti pada bulan Juni kita akan laksanakan di Bantarujeg. Jadi posisinya cenderung lebih jemput bola agar pasien tidak terlampau sulit dalam menjangkau pusat tempat operasi dilakukan,” ungkap Bupati Karna Sobahi, Kamis (25/2/2021).

Menurut Karna Sobahi, kasus katarak di Majalengka sesuai informasi yang didapat dari para dokter yang menangani terbilang cukup banyak.

Namun, belum sepenuhnya diketahui secara pasti. Hal ini disebabkan belum disadari oleh masyarakat yang merasa awam terhadap penyakit tersebut.

Masyarakat awam mengira berkurangnya fungsi penglihatan yang disebabkan katarak itu merasa karena faktor alamiah. Namun hal itu masih bisa disembuhkan.

Dengan demikian, lanjut Karna Sobahi, langkah untuk lebih mengetahui sekaligus menyisir target sasaran, Pemkab Majalengka melalui program Puskesmas Nganjang ka Imah yang dilakukan petugas dari tiap-tiap Puskesmas di daerah kecamatan terus bergerak terjun langsung untuk mendata sekaligus memberikan pelayanan kesehatan ke rumah warga.

“Adanya program Puskesmas Nganjang ka Imah pemerintah dapat mengetahui secara faktual apa yang sedang terjadi dengan kesehatan masyarakat di Majalengka,” tandasnya. (hen)




About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PAC Ansor Sindangwangi Gelar Konferancab, Hasilkan Ketua Terpilih Abdul Azis

MAJALENGKA,-Bertempat di Mushola As-Syafi’iyyah, Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan ...

%d blogger menyukai ini: