Home / Berita Umum / Akibat Banjir di Ligung Petani Rugi Ratusan Juta

Akibat Banjir di Ligung Petani Rugi Ratusan Juta

MAJALENGKA, Sindangkasih News

Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Ligung, tidak hanya merendam pemukiman penduduk atau sarana pendidikan. Namun hujan lebat pada Senin dini hari (12/3) juga merendam ratusan hektar area pertanian yang siap panen. Bahkan banjir tersebut menghanyutkan padi yang sudah dipanen, bahkan puluhan ton gabah kering milik H.Iyan warga Desa ligung  yang masih dijemur juga turut hanyut terbawa banjir.

Sementara Camat Ligung Drs. Yoyo didampingi Muspika yang lainnya serta Kepala BP3K Ligung H.Edy Rediawanto kepada awak media menjelaskan, banjir yang menimpa semalaman terjadi di beberapa titik, seperti Desa Leweunghapit, Ligung, Ligung Lor dan Desa Sukawera. Hanya saja semua desa belum melaporkan data area dan kerugian yang disebabkan banjir semalam.

Sampai saat ini area pesawahan yang siap panen dan terendam banjir baru terdata dua desa, yakni area pesawahan Desa Leweunghapit sekitar 100 hektar dan Desa Ligung 90 hektar, sedangkan desa lainnya yang terkena banjir belum memberikan laporan.

“Menurut laporan dari BP3K Ligung kerugian akibat banjir semalam yakni mencapai 1/4 milyar. Dengan rincian padi yang siap dirontokan dan terbawa arus banjir di Desa Ligung mencapai 54 ton gabah kering panen. Dan gabah kering yang masih dijemur milik H.Iyan sekitar 11,5 ton. Total 65 ton. Kalai harga gabah kiring panen di hargai 400 ribu per kwitalnya, maka 65,5 ton di kali 4jt jumlah kerugian sekitar Rp.262 juta. Atau 1/4 milyar lebih, kerugian para petani yang ada di dua desan akibat banjir semalam,” terang dia. (Dan).

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

RSUD Majalengka Siap Tempuh Jenjang Akreditasi SNARS di Tahun 2020

MAJALENGKA, – Setelah dilakukannya survey verifikasi pertama di tahun 2018 dan menyandang ...

%d blogger menyukai ini: