Home / Berita Terkini /  APBD Majalengka di Tahun 2020 Naik Hingga Rp 3,6 Triliun

 APBD Majalengka di Tahun 2020 Naik Hingga Rp 3,6 Triliun

Ketua DPRD Majalengka, Drs. H. Edy Anas Djunaedi, MM saat tanda tangani APBD yang telah disahkan 

MAJALENGKA, – Tahun 2019 Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Majalengka sekitar Rp 3 triliun. Saat ini di tahun anggaran 2020 naik menjadi 3,6 Triliun. Hal ini telah disetujui dan disahkan menjadi APBD oleh eksekutif dan legislatif dalam rapat Paripurna DPRD. Senin, 25/11/19).

Bupati Karna Sobahi mengatakan,  bahwa kenaikan APBD 2020 berkat sinergitas dengan DPRD sehingga Pemkab Majalengka mampu meningkatkan optimalisasi potensi pendapatan asli daerah (PAD) diberbagai sektor.

Ia juga mengatakan, kenaikkan APBD Majalengka tak luput dari perhatian Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang meningkatkan biali bantuan keuangan Pemprov Jabar ke Majalengka.

Selain keberhasilan dalam mengoptimalkan potensi pengumpulan PAD, juga berkat perhatian dari Gubernur Jabar. Bank Pemprov Jabar naik dari Rp197 miliar menjadi Rp 518 miliar.

“Dengan naiknya APBD 2020, kita akan optimalkan pembangunan terutama fokus untuk menata infrastruktur akses menuju obyek wisata. Sehingga, sejumlah obyek wisata potensial dapat tersambung dengan baik aksesnya ke jala raya utama, “ucap Bupati

Dengan mengalokasikan belanja ke perbaikan infrastruktur menuju akses wisata, hal itu dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Sehingga bisa menambah PAD serta mendongkrak perekonomian masyarakat yang berada di sekitar.

Di tempat yang sama, hal serupa dikatakan Ketua DPRD Majalengka, Drs.H.Edy Anas Djunaedi, MM menurutnya, sinergitas antara Pemkab dan DPRD dalam membahas RAPBD sangat relevan. Pihaknya sangat mengapresiasi dan menyetujui bersama dalam  menetapkan menjadi APBD 2020 sesuai mekanisme yang berlaku dan tepat waktu.

“Al hamdulillah berkat sinergitas antara Pemkab dan DPRD hingga APBD 2020 bisa naik dan bisa segera laksanakan mulai awal Januari tahun depan,” ucap Edy

Fokus di tahun 2020

Bupati Karna Sibahi mengatakan, selain fokus ke infrastruktur akses obyek wisata, pihaknya akan membidik tingkatkan pelayanan masyarakat.

Hal ini terkait naiknya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Majalengka pada tahun 2020 menjadi Rp 3,6 Triliun.

Sebelumnya, pada tahun 2019 APBD Majalengka berada dikisaran Rp 3 triliun.

Karna mengatakan, fokus belanja daerah juga akan mengarah pada peningkatan kualitas pelayanan dasar bagi masyarakat.

Dikatakan dia, peningkatan kualitas dasar bagi masyarakat, seperti penataan puskesmas, fasilitas kesehatan milik Pemkab Majalengka dan pembangunan RSUD di Talaga serta perbaikan maupun penambahan ruang kelas di sekolah-sekolah.

Dari berbagai yang menjadi fokus kita, insyaAllah akan secepatnya kita kerjakan,” katanya. Rabu (27/11/2019).

Dirinya menyampaikan, ada juga sektor ketahanan pangan yang menjadi bidikan fokus lainnya dalam APBD 2020 mendatang.

Sehingga, nantinya beberapa sektor tersebut dapat berkembang secara sinergitas untuk meningkatkan perekonomian di Majalengka.

“Sektor ketahanan pangan juga menjadi fokus outcome belanja daerah di APBD 2020, dengan mengalokasikan anggaran bagi perbaikan irigasi di berbagai jaringan pengairan pertanian, pembuatan embung-embung penampung air.”

“Sehingga di musim kemarau ketersediaan air bagi lahan pertanian yang sebelumnya krisis air akan tetap terjaga, dan hasil produksi pertanian serta pendapatan para petani dapat terus meningkat,” katanya lagi.

Karna mengungkapkan, dari sekian banyak fokusnya dari kenaikkan APBD 2020 ini, menata infrastruktur akses menuju obyek wisata akan menjadi prioritas.

Sebab, sejumlah obyek wisata potensial di Majalengka dapat tersambung dengan baik aksesnya ke jalan raya utama untuk meningkatkan daya tarik wisatawan.

“Dengan mengalokasikan belanja ke perbaikan infrastruktur menuju akses wisata ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, sehingga bisa menambah PAD serta mendongkrak perekonomian masyarakat,”tutup Bupati.(dan).

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menyusur Tinggalan Siliwangi dalam Babad Rajagaluh

Ulul Rosyad  Akarasa, – Selamat datang kerabat akarasa. Jika ada hal yang ...

%d blogger menyukai ini: