Home / Berita Terkini / Bupati Karna Sobahi, Koperasi di Majalengka Harus mampu Menjawab Tantangan Zaman

Bupati Karna Sobahi, Koperasi di Majalengka Harus mampu Menjawab Tantangan Zaman

MAJALENGKA,- Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang atau seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.
Diera digitalisasi dan era Revolusi Industri 4.0, koperasi harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal. Hal itu jadi bahasan pokok pada Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 tingkat Kabupaten Majalengka di Gedung BKSDM Kabupaten Majalengka, Minggu (30/7/2019).

Nampak hadir Bupati Majalengka H.Karna Sobahi, Kepala Dinas Koperasi dan KUKM H.Iman Pramudya, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) H.A.Sumbada serta kelompok koperasi se-Majalengka.

Dalam sambutannya dijelaskan Bupati Karna Sobahi. Menurut dia, tantangan baru yang dihadapi dunia perkoperasian tidak hanya sekadar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi melainkan menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola. Koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem tatakelola dan kepranataan yang sudah berjalan.

Bupati mendorong Saat ini terhitung ada 400 lebih koperasi di Majalengka, agar beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi zaman. Koperasi di Majalengka harus memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi termasuk strategi bisnisnya. Selain memanfaatkan teknologi digital dengan mengunakan aplikasinya, sumber dayanya perlu ditingkatkan dalam segala hal.

“Kami meminta agar Dinas Koperasi dan KUKM mendata koperasi yang masih aktif, kita akan bina, bukan kuantitasnya yang dibutuhkan tapi kualitasnya harus dapat diperhitungkan. Koperasi yang baik harus mampu memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi para anggotanya.” ucapnya.

Jumlah Koperasi Tidak tak perlu banyak, sedikit tapi memberikan dampak positif bagi para anggotanya dan masyarakat, tambahnya.

Sementara Ketua Dekopinda Kabupaten Majalengka H.A.Sumbada berpendapat.  Menurutnya, peringatan koperasi diharapkan menjadi momentum kebangkitan koperasi, bertujuan dapat meningkatkan perekonomiaan dan kesejahteraan masyarakat. Diakui hadirnya koperasi turut berperan dalam perekonomian bangsa, menciptakan lapangan pekerjaan, membantu modal usaha, dan tingkat manfaat lainnya u tuk masyarakat.

“Perkoperasian harus mampu menjawab tantangan zaman dan mampu bersaing dengan sektor usaha lainnya, sebab jenis usaha apapun sifatnya bersaing dengan dunia usaha lainnya,” ungkapnya.
Koperasi harus tetap menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan membagikan Sisa Hasil Usaha (SHU) kepada anggotanya,” tambah dia. (dan).

 

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panji dan INA Akhirnya Sepakat Damai

Dadan Taufik, SH (Tim Kuasa Hukum INA) Saat Tunjukkan Surat Perjanjian Damai ...

%d blogger menyukai ini: