Home / Fokus Majalengka / Bupati Majalengka Bangkitkan Olah Raga Tradisional

Bupati Majalengka Bangkitkan Olah Raga Tradisional

 

MAJALENGKA, – Permainan olah raga tradisional merupakan warisan budaya leluhur yang patut dilestarikan keberadaannya untuk generasi penerus. Tak hanya sebatas permainan semata, namun permainan tradisional kerap mengandung beragam makna filosofi di dalamnya.

Bupati Kabupaten Majalengka,  DR.  H. Karna Sobahi, M. M. Pd berkomitmen akan membangkitkan permainan olah raga tradisonal tersebut melalui agenda program di Dinas Pemuda dan Olah Raga serta mengikutsertakan dalam momen atau di berbagai kegiatan.

Bupati Karna Sobahi meminta, olah raga yang mengandung seni budaya tersebut supaya dihidupkan kembali di lingkungan sekolah-sekolah agar kalayak generasi milenial saat ini mengenal dan dapat melestarikannya.

“Saya akan membangkitkan semangat seni budaya tradisional ini. Agar lebih menarik, penyajiannya dikolaborasikan dengan kombinasi pertunjukan modern,” ungkap Bupati Karna Sobahi seusai membuka acara invitasi olah raga tradisional yang digelar di lapangan Sepak Bola Warung Jambu Majalengka, Selasa (30/7/2019).

Olah raga tradisional yang kental dengan kaulinan budak baheula (permainan anak zaman dulu-red) ini diikuti oleh para siswa sekolah SD dari 26 kecamatan se-Kab. Majalengka. Tiap-tiap kecamatan mengirimkan perwakilan satu kontingen.

Adapun permainan olah raga yang ditampilkan di even ini untuk kelompok putra yaitu egrang, sumpitan, dogongan. Kemudian untuk puteri jenis permainannya adalah tarumpah panjang, dan dadaluan. (hen) 

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hadirnya Hotel Lain, Bukan Pesaing

MAJALENGKA, – Manajemen Hotel Fitra menganggap hotel baru yang bermunculan di wilayah ...

%d blogger menyukai ini: