Home / Berita Terkini / Bupati Sutrisno Ajak Petani Percepatan Tanam Padi

Bupati Sutrisno Ajak Petani Percepatan Tanam Padi

tanam

MAJALENGKA (SKN) Bupati Majalengka H. Sutrisno, SE, M.Si secara simbolis melakukan penanaman padi dalam aksi gerakan percepatan tanam padi MH 1 Musim Tanam 2016-2017, di Desa Palasah Kecamatan Kertajati, Senin (24/10) pagi.

Dalam aksinya tersebut turut mendampingi Dandim 0617 Majalengka Letkol Inf. Rama Pratama, M.Si (HAN), Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka Ir. H. Wawan Suwandi , M.P, Kepala BP4K Majalengka H.Udin Abidin, SH, MM, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Majalengka. Hadir pula Camat Kertajati Aminudin, S.Sos, MM beserta para kepala desa se-Kecamatan Kertajati.

Dalam amanatnya, Bupati Sutrisno menghimbau kepada para petani, khususnya kepada para kelompok tani, para penyuluh pertanian agar segera melakukan penanaman padi lebih awal dengan tujuan untuk menghindari dari terendamnya padi dari banjir yang kemungkinan mengancam.

“Mengingat pada November ini merupakan bulan dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi. Saya himbau para camat dan kepala desa juga memberikan arahan kepada masyarakat untuk menanam lebih awal,” tegasnya.

Sutrisno juga memaparkan, bahwa penanaman padi bisa dilakukan dengan jenis varietas yang terbaik agar dapat peningkatan produksi yang signifikan. Dia menjelaskan bahwa target produksi kotor dari petani sekitar 8 Ton lebih untuk luasan 1 Ha. Persentase kehilangan sekitar 15-20% sehingga petani menerima sekitar 5 Ton-an untuk luasan 1 Ha.

Pada bagian lainnya, Sutrisno mengharapkan untuk segera direalisasikan fasilitas alat mesin perontok padi dengan tujuan untuk mengganti persentase kehilangan selama proses produksi.

Menurutnya, langkah yang bisa diambil dalam rangka meningkatkan target produksi yaitu penggunaan varietas yang terbaik, dan pengamanan dari hama penyakit .

Ke depan, Bupati Sutrisno ingin mempersiapkan taman belajar di antaranya yang sudah ada adalah balai ikan, balai ternak. Di Paraland sendiri rencananya akan menyediakan space untuk taman satwa ataupun kebun binatang. (gan /rch)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Karna Sobahi: Dirut yang Baru Harus Bisa Menyelamatkan Perumda BPR Majalengka

MAJALENGKA, – Perusahaan Umum Daerah Bank Perkreditan Rakyat (Perumda BPR) Majalengka merupakan ...

%d blogger menyukai ini: