Home / Ekonomi / Dana Desa Tunjang Akselerasi Pembangunan Pedesaan

Dana Desa Tunjang Akselerasi Pembangunan Pedesaan

MAJALENGKA, – Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Majalengka menggelar kegiatan peluncuran penyaluran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa  (ADD) bertempat di gedung Islamic Center Majalengka, Kamis (5/3/2020).

Kegiatan ini dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Majalengka, Sekda, Forkopimda, kepala OPD, para camat dan kepala desa se-Kab. Majalengka.

Di kesempatan tersebut dalam sambutannya Bupati Kab. Majalengka, DR. Karna Sobahi, M.M.Pd memberikan arahan dan mengingatkan bahwa cairnya anggaran dana tersebut sepenuhnya digunakan untuk menjangkau kepentingan masyarakat, khususnya pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

“Alokasi dana desa itu untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa, bukan untuk kepentingan pribadi. Sejatinya pemerintah memberikan DD guna menunjang pembangunan dan mewujudkan pemerintah desa yang mandiri,” tegasnya.

Melalui program target sasaran realisasinya pun diperuntukan membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, membantu pemerataan pembangunan dan hasilnya, membangun infrastruktur dan menciptakan peluang serta lapangan kerja baru, imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati Karna mengatakan, melalui dana desa dapat membantu mengatasi permasalahan ekonomi di desa, antara lain kemiskinan bisa dikurangi, angka pengangguran bisa diturunkan, laju urbanisasi bisa dihambat dan ketimpangan bisa dipersempit.

“Oleh karena itu, para kepala desa harus memahami tentang dana desa dan aturan penggunaannya sehingga dapat menjalankannya dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Majalengka, Rd. Muhammad Umar Ma’ruf, S.Sos., M.Si mengatakan, alokasi Dana Desa untuk Kabupaten Majalengka mengalami kenaikan sebesar Rp.19 Miliar dibanding tahun sebelumnya.

Ia menyebut, berdasarkan data di 2020 ini dana desa untuk Majalengka sebesar Rp. 395 Miliar, sementara pada 2019 lalu Rp. 376 Miliar.

Selain digunakan untuk pembangunan desa, dikatakannya kucuran dana desa tersebut juga dipergunakan sebagai pelumas roda pembangunan di segala sektor.

“Tujuan utamanya adalah untuk mengangkat dan melalui dana desa tersebut dapat mengelola segala potensi yang ada di tiap-tiap desa sehingga dapat mewujudkan desa yang berdaya. Termasuk indikator di dalamnya terdapat program pembinaan dan pemberdayaan sumber daya masyarakat,” pungkasnya. (hen)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Desa Kawunggirang Tangguh Lawan Covid 19, Panen Raya Padi dan Budidaya Ikan di Saung Pakuwon

MAJALENGKA, -Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso mengapresiasi penuh aneka sayuran yang ...

%d blogger menyukai ini: