Home / Berita Terkini / Di Desa Cikeusik, Sekitar Jembatan Cikalipa, Tebing Sepanjang 50 Meter Longsor, Dua Rumah Warga Terancam Longsor Susulan

Di Desa Cikeusik, Sekitar Jembatan Cikalipa, Tebing Sepanjang 50 Meter Longsor, Dua Rumah Warga Terancam Longsor Susulan

MAJALENGKA,- Perubahan iklim saat ini kian tidak menentu akibat cuaca dan curah hujan disertai angin yang cukup kuat hingga mengakibatkan terjadi banjir atau pun tanah longsor diberbagai daerah.

Hal itu mengakibatkan kerugian meteri maupun non materi yang bikin hati miris.

Kamis dini hari tadi terjadi tanah longsor di Blok Pahing Desa Cikeusik Kecamatan Sukahaji. Tembok Penahan Tanah (TPT) dipinggir sungai ambruk, dua rumah warga yang dekat di daerah itu, terancam longsor susulan. Tembok penahan tanah yang ambruk merupakan semi permanen yang sudah lama dibangun.

Hal itu dikatakan oleh Oman Sukrioman salah satu warga Desa tersebut. Bencana tanah longsor itu disebabkan tebing sepanjang 50 meter dan tinggi tujuh meter mengalami longsor.

“Tidak ada korban jiwa saat bencana itu terjadi karena sebelum longsor terdengar suara gemuruh yang membangunkan keluarga korban yang terdiri dari seorang isteri dan tiga anak, sehingga sempat menyelamatkan diri dengan keluar rumah,” kata Oman, Kamis, (24/12/20).

Sementara itu ketua Lembaga Penanganan Bencana dan Perubahan Iklim NU (LPBI NU) Majalengka. Dani mengatakan, lembaganya tidak mempunyai anggaran hanya saja LPBI berupaya membantu maksimal dalam meringankan beban warga yang terkena musibah.

“Kami akan berupaya membantu sesuai kemampuan kami dan kami selalu bergotong royong untuk meringankan beban warga yang terkena musibah,” kata Dani

Bila pun ada materi maka kami secara swadaya dan mencari para donasi guna meringankan beban warga yang terkena musibah, tambahnya.

Saat ini pemerintah desa tengah melakukan upaya agar jembatan bisa dilewati warga lagi. Adapun keluarga korban sementara mengungsi di rumah saudaranya.(Sep).

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sebanyak 74 Penyuluh Pertanian Terima SK P3K

MAJALENGKA, – Sebanyak 74 orang tenaga penyuluh pertanian dilantik dan diambil sumpah ...

%d blogger menyukai ini: