Home / Fokus Majalengka / Di Majalengka Varietas Mekongga Unggul, MT2 Pasokan Air Perlu Diantisipasi

Di Majalengka Varietas Mekongga Unggul, MT2 Pasokan Air Perlu Diantisipasi

Wabub Kab. Majalengka, Tarsono D Mardiana bersama Kadis Pangan Kab. Majalengka, Wawan Suwandi saat menghadiri panen raya di Desa Mandapa, Kec. Dawuan Kab. Majalengka, Kamis (14/3/2019)

MAJALENGKA, – Panen padi dari hasil ubinan beberapa varietas yang dilakukan para petani di Majalengka secara keseluruhan hasilnya lebih maksimal dibandingkan tahun kemarin, terutama dari varietas Mekongga masih tetap unggul.

Melihat hasil panen saat ini, Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana, berharap bisa dipertahankan di masa tanam kedua (MT2). Namun yang perlu diantisipasi di MT2 adalah masalah kekurangan pasokan air sehingga dalam pelaksanaannya harus dikawal oleh penyuluh dari dinas pertanian, dinas pangan serta PSDA.

Alhamdulillah tadi informasi berdasarkan Kadis Pangan, di seluruh Kabupaten Majalengka hasil panen tahun ini cukup menggembirakan dibanding tahun kemarin,” seru Wabub, Tarsono saat di lokasi panen raya Desa Mandapa Kec. Dawuan, Kab. Majalengka, Kamis (14/3/2019).

Perihal ketersediaan lahan pertanian di Majalengka, Wabub Tarsono mengatakan, hingga saat ini masih bisa dikendalikan. Pemkab Majalengka sangat selektif terhadap pemberian izin-izin pabrik dan perumahan agar tidak mengganggu lahan-lahan pertanian. “Akan kita kendalikan jangan sampai lahan ini berkurang dijadikan lahan-lahan pabrik atau bangunan,” katanya.

Mengenai upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan para petani, yang paling harus diperhatikan menurutnya adalah sarana dan prasarana irigasi dan jalan usaha tani. Pemkab Majalengka hingga saat ini akan terus melanjutkan program jalan usaha tani pedesaan, di samping itu juga telah memikirkan masalah pendapatan tambahan bagi petani.

“Kita akan upayakan ada tambahan kegiatan bagi para petani di Majalengka dengan memadu serasikan dengan program peternakan untuk petani agar ada aktivitas lainnya seperti beternak,” pungkasnya. (hen)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PKS Raih 5 Kursi Legislatif

MAJALENGKA, – Jajaran DPD PKS Majalengka mengucapkan rasa syukurnya atas pencapaian perolehan ...

%d blogger menyukai ini: