Home / Fokus Majalengka / Diskominfo Majalengka Sosialisasikan SP4N Lapor!

Diskominfo Majalengka Sosialisasikan SP4N Lapor!

MAJALENGKA, – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab.Majalengka melalui Bidang Komunikasi menggelar sosialisasi mengenai materi SP4N Lapor, layanan Kedaruratan 112, dan berita hoax tingkat kecamatan bertempat di Aula Kecamatan Rajagaluh, Rabu (19/02/2020).

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti TP-PKK Kec. Rajagaluh beserta anggota dan Ketua TP-PKK Desa se- Kec. Rajagaluh beserta para anggota.

Kepala Bidang Komunikasi Diskominfo Kab.Majalengka, Mohamad Yudi Prasetiadi, S.Sos.,memaparkan, beberapa materi di antaranya mengenai layanan Majalengka Raharja Quick Response yang di dalamnya terdapat layanan Majalengka Raharja 112. Layanan ini merupakan bentuk aplikasi layanan kedaruratan untuk masyarakat.

“Majalengka Raharja 112 merupakan layanan tanggap darurat untuk melayani hal-hal yang bersifat kedaruratan seperti kebakaran, kerusuhan, bencana alam, layanan kesehatan, serta hal-hal yang bersifat emergency lainnya yang menuntut penanganan segera, masyarakat bisa mengakses 112 tanpa biaya alias gratis”, ujar Kabid.

Sementara Sistem Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) merupakan sistem yang dirancang dengan tujuan untuk melayani dan menangani aspirasi dan pengaduan masyarakat juga terkait pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Pemkab Majalengka.

“Pada aplikasi LAPOR! masyarakat bisa mengadukan segala permasalahan terkait dengan pelayanan publik, dengan adanya pengaduan yang masuk melalui aplikasi tersebut maka Diskominfo akan meneruskannya ke dinas/instansi terkait yang menangani atau yang berwenang untuk untuk menanggapi aspirasi dan pengaduan masyarakat,” urainya.

Untuk menggunakan layanan ini masyarakat dapat mengakses laporannya melalui website www.lapor.go.id atau dengan cara SMS ke 1708 dengan format #MAJALENGKA (spasi) Laporan/Aduan.

Terkait penanganan berita Hoax Yudi menjelaskan, berita bohong yang sengaja dibuat dengan tujuan jahat. Dikatakannya, berita hoax sangatlah mudah menyebar untuk itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat diminta untuk tidak mempercayai berita yang tidak jelas sumber dan ke absahannya.

Dikatakannya, sebelum mempercayai kebenaran suatu berita yang berpotensi hoax maka alangkah baiknya suatu berita itu harus diverifikasi terlebih dahulu.

“Hati-hati dengan judul yang provokatif dan sensasional, periksa alamat situs, apabila belum terverifikasi sebagai institusi pers resmi maka berita tersebut bisa dibilang meragukan, periksa fakta, periksa keaslian foto dan lain sebagainya,” tandasnya. (hen)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kejari Majalengka Mengelar Sidang Menggunakan Sarana Vicon

MAJALENGKA, – Pandemi Covid 19 berdampak pada segala macam aktivitas masyarakat umum, ...

%d blogger menyukai ini: