Home / Fokus Majalengka / H-20 Pilpres dan Pileg 2019, Tiga Pilar di Majalengka Gelar Sispamkota

H-20 Pilpres dan Pileg 2019, Tiga Pilar di Majalengka Gelar Sispamkota

MAJALENGKA, – Menghadapi pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 yang tinggal 20 hari lagi, tiga pilar di Majalengka menggelar simulasi Sispamkota dan Tripatra Ops Mantap Brata 2018 Tingkat Polres Majalengka pengamanan Pemilu Presiden/Wakil Presiden dan Pemilu Legislatif Tahun 2019.

Berbagai macam peragaan simulasi antisipasi dan penanganan terhadap kemungkinan terjadinya kekacauan berujung aksi anarkis maupun huru hara yang dilakukan oleh sekelompok orang diperagakan dalam simulasi ini. Sekitar 1000 pasukan dikerahkan untuk bersiaga menjaga situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif selama proses tahapan Pilpres dan Pileg 2019 ini.

Kapolres Majalengka, AKBP. Mariyono menegaskan, TNI-POLRI siap menjamin mengamankan jalannya Pilpres dan Pileg 2019, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan takut untuk datang ke TPS untuk menentukan hak suaranya, Kamis (28/3/2019).

Dikatakannya, langkah gambaran pengamanan dalam reka simulasi ini dipraktekan langsung sesuai dengan SOP, Undang Undang Kepolisian dan juga peraturan Kapolri.

“Kita semua Insya Allah siap mengamankan Pemilu Presiden dan Legislatif 2019 berjalan aman, tertib, damai dan sejuk di wilayah Majalengka,” ucapnya.

Sementara, Dandim Letkol Arm. Novi Herdian, kegiatan simulasi ini merupakan start awal dari kesiapan dalam pengamanan Pemilu 2019. Semua pembekalan dalam latihan yang diterima oleh semua personel dipegang baik-baik untuk dijadikan pedoman dalam menghadapi segala kemungkinan yang harus dihadapi agar bisa diantisipasi serta ditangani.

“Kita harus berfikir yang terburuk untuk menghadapi tugas kita ke depan, tapi kita harus berdoa dan berharap untuk mendapatkan yang terbaik,” ucapnya.

Dikatakan Dandim Novi, kelak akan ada 325 prajurit dari Kodim 0617 Majalengka yang akan turut melaksanakan tugas operasionil dalam pengamanan Pemilu 2019 di bawah tanggung jawab komando pengerahannya oleh Kapolres Majalengka.

“Nanti H-1 Minggu kita juga akan mendapatkan BKO pasukan pemukul dari Bandung, itu di bawah komando dari Komandan Kodim dan digerakan atas perintah dari Panglima TNI situasional apabila kondisi membutuhkan. Sehingga di Majalengka menurut pertimbangan kami cukup pasukan untuk menimbulkan situasi yang aman, nyaman dan kondusif,” tegasnya.

Senada diungkapkan Wakil Bupati Kab. Majalengka, Tarsono D Mardiana. Ia berharap, dalam pelaksanaan Pemilu di wilayah Majalengka kelak dapat berjalan dengan lancar sesuai yang didambakan oleh masyarakat yakni aman, tentram dan damai.

“Mana kala ada pihak ketiga yang ingin mencoba mengusik keamanan dan ketertiban masyarakat, mereka tidak akan coba-coba karena kita semua bersatu padu mengamankan wilayah kita. Pemerintah Kabupaten Majalengka menyatakan siap melaksanakan tugas Kamtibmas sampai ke tingkat RT berikut Linmasnya, begitu juga jajaran TNI-POLRI di Kabupaten Majalengka siap mengamankan Pilpres dan Pileg 2019,” serunya. (hen)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

TNI di Majalengka Semangatkan Gotong Royong Melalui TMMD

MAJALENGKA, – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105, tahun 2019, Kodim 0617/Majalengka, ...

%d blogger menyukai ini: