Home / Berita Umum / Ini 5 Makanan Pahit Bermanfaat bagi Kesehatan

Ini 5 Makanan Pahit Bermanfaat bagi Kesehatan

SINDANGKASIH NEWS.COM
Lidah kita merupakan indera pengecap yang dapat mendeteksi rasa dasar seperti manis, asin, asam, pahit dan umami. Kemampuan tersebut yang mendorong kita untuk cenderung memilih makanan enak.

Dengan memilih makanan enak, kamu bermaksud untuk memanjakan lidahmu. Namun ternyata, makanan enak belum tentu selalu baik bagi kesehatan.

Di sisi lain, makanan yang bercitarasa pahit sering dihindari oleh beberapa kalangan masyarakat. Mungkin kamu termasuk ke dalam kalangan tersebut. Jika iya, kamu wajib mengenal lebih dalam mengenai lima makanan pahit ini.

Di balik rasanya yang pahit, tersimpan banyak khasiat di dalamnya. Simak selengkapnya!

1. Buah Mahoni

Namanya mungkin lebih dikenal sebagai salah satu jenis kayu yang biasa digunakan untuk membuat beragam furniture. Namun siapa sangka pohon mahoni memiliki buah yang berkhasiat bagi kesehatan, terutama bijinya.

Menurut drhealthbenefits.com, mahoni dapat mengontrol gula darah bagi penderita diabetes, mengurangi nyeri haid, dan bahkan dapat mengurangi gejala penyakit Alzheimer. Rasa buah mahoni memang sangat pahit.

Jika kamu tak kuat memakannya secara langsung, buah mahoni ini dapat diolah menjadi panganan seperti keripik. Atau bisa juga dibuat menjadi bubuk kemudian dilarutkan dengan air hangat. Kamu pun dapat langsung mencobanya.

2. Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung sejumlah komponen aktif seperti antioksidan dan metabolit sekunder alkaloid yang cukup banyak dibandingkan dengan yang terdapat di dalam buah pepaya itu sendiri. Komponen aktif tersebut dapat digunakan untuk pengobatan antikanker.

Daun pepaya juga mengandung protein tinggi, lemak, vitamin, kalsium dan zat besi yang berfungsi dalam pembentukan hemoglobin. Manfaat lainnya, daun pepaya dapat dijadikan sebagai obat anti ketombe, obat demam berdarah, dan baik bagi kesehatan kulit. Biasanya daun pepaya ini dikonsumsi sebagai lalapan. Masaklah dengan benar jika kamu ingin meminimalisir rasa pahitnya.

3. Buah Zaitun

Buah zaitun memang banyak diolah menjadi minyak yang berkhasiat bagi kecantikan. Namun ternyata, kamu juga dapat mengonsumsi buahnya secara langsung. Meskipun rasanya sedikit pahit, buah zaitun ampuh untuk mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker lambung karena mengandung zat antioksidan dan karotenoid.

Vitamin C yang terkandung di dalam buah zaitun juga mampu membantu kamu untuk terhindar dari asma. Manfaat lainnya yaitu buah zaitun dapat mencegah penyakit jantung, mengurangi risiko diabetes, dan membantu memperbaiki penglihatan. Bagi kamu yang berkacamata cobalah untuk sering mengonsumsi buah ini.

4. Petai

Makanan yang satu ini mungkin lebih terkenal dengan bau khasnya. Namun mengejutkan, dibalik baunya yang kurang sedap dan rasanya yang pahit, ternyata petai memiliki banyak khasiat. Manfaat pertama dari mengonsumsi petai, yaitu petai dapat meredakan depresi yang terjadi pada seseorang.

Hal tersebut disebabkan adanya senyawa triptofan pada petai. Selain itu, dengan mengonsumsi petai juga dapat mencegah terjadinya anemia, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah stroke, dan baik bagi lambung karena mampu menetralisir asam lambung.

Jadi, jangan kamu remehkan makanan yang satu ini. Kini, petai sering di masukan sebagai bahan campuran pada menu masakan.

5. Leunca

Leunca merupakan jenis sayur yang termasuk golongan terung-terungan dan berasal dari Asia Barat. Menurut drhealthbenefits.com, jika kamu sering mengonsumsi leunca, manfaat yang akan kamu peroleh diantaranya yaitu dapat mencegah hipertensi serta baik untuk kesehatan tulang, gigi, dan mata.

Selain itu, leunca juga dapat meningkatkan kinerja organ hati sehingga berguna untuk menetralkan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Rasanya yang pahit ternyata tidak menjadi alasan bagi beberapa kalangan masyarakat untuk mengonsumsinya. Terbukti bahwa leunca cukup populer dan sering di jadikan sebagai lalapan, khususnya di daerah Jawa Barat.

Setelah mengetahui khasiat makanan-makanan tersebut, apakah kamu masih menolak untuk mengonsumsinya? Seperti kata pepatah, jangan lihat dari fisiknya saja. Sama halnya dengan lima makanan di atas, jangan mau mengonsumsi dari rasanya saja. Yuk, segera mencobanya!

 

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Seekor Kukang Jawa Masuk ke Kawasan Hotel, Marema Kembalikan ke Alamnya

MAJALENGKA, – Seekor Kukang (Nycticebus Coucang) ditemukan di area Hotel Fitra tepatnya ...

%d blogger menyukai ini: