Home / Berita Terkini / Kasus Siskeudes, Kejari Majalengka Periksa Sejumlah Desa dari 26 Kecamatan

Kasus Siskeudes, Kejari Majalengka Periksa Sejumlah Desa dari 26 Kecamatan

MAJALENGKA, – Dalam waktu dekat minggu kemarin telah melakukan pemeriksaan kepada 26 Camat se- Kabupaten Majalengka. Pemeriksaan sebelumnya dilakukan kepada Ketua Forum Kepala Desa dari 26 Kecamatan. Pemeriksaan tersebut terkait dugaan korupsi dari Sistem Keuangan Desa (Siskeudeus) senilai hampir Rp.5 Milyar.

Dikatakan Suheli, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Majalengka. Menurutnya, pihaknya telah meminta keterangan dari para Camat, yang telah dihimpun oleh pihak Kejaksaan dan telah menyita data serta berkas terkait Bimtek Siskeudes yang diselenggarakan di Hotel Ibis Transtudio Bandung pada Mei 2018 lalu, sesuai arahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)  Kabupaten Majalengka.

Masih Kata Suheli, Penyitaan data dan berkas sebelumnya dilakukan oleh Kejari Majalengka dengan melakukan penggeledahan dan penyitaan dokumen di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Majalengka, pada hari Senin tanggal 11Pebruari lalu.

“Kami akan terus telusuri kasus ini hingga tuntas, penggeledahan dan penyitaan dokumen itu terkait dugaan korupsi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang merugikan negara senilai Rp.5 miliar,” kata dia.

Peserta bimtek tersebut yakni kepala desa, sekdes dan perangkat desa dari 343 desa 26 kecamatan di Kabupaten Majalengka. Biaya yang dikeluarkan sebesar Rp.15 juta per-desa dengan CV pihak ketiga dari Cirebon. Atas tekanan pejabat Dinas PMD Kabupaten Majalengka dan camat, para kepala desa itu diminta membayar Rp.15 juta padahal kegiatan itu tidak ada di APBDes. Para kepala desa terpaksa membayar dari uang pribadi.

Dari Informasi selanjutnya para sekdes yang mengikuti bimtek itu membuat surat pernyataan bermaterai bahwa dana Bimtek Rp.15 juta itu berasal dari dana pribadi Kepala Desa padahal aslinya nyomot dari Dana Desa sehingga terindikasi korupsi yang merugikan keuangan negara.

Pihaknya telah memeriksa para Ketua Forum Kepala Desa dari 26 Kecamatan dan telah melakukan penggeledahan yang terkait dengan pelatihan Siskeudes di Hotel Ibis Bandung, saat ini pihak kami sedang mencari bukti dengan anggaran Rp.5 Milayar yang telah diduga dikorupsi.(dan).

 

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Toga dan Tomas Deklarasikan Penolakan Terhadap Aksi People Power

MAJALENGKA, – Menjelang pengumuman hasil Pemilu 2019 oleh KPU RI pada 22 ...

%d blogger menyukai ini: