Home / Berita Terkini / Kata Aziz Siswanda, Transparansi Salah Satu Pilar Wujudkan Good Governance

Kata Aziz Siswanda, Transparansi Salah Satu Pilar Wujudkan Good Governance

Aziz Siswanda Kabiro Kabar Nusantarata Cakades Rajagaluh Lor

MAJALENGKA, –  Adanya transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembuatan kebijakan dapat menjadi entery point bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi sehingga dapat melakukan check and balance terhadap jalannya pemerintahan.

Pemerintahan yang baik (good governance) sangat identik dengan pemerintahan yang terbuka, yang mensyaratkan masyarakat untuk memiliki hak memantau perilaku pejabat publik dalam menjalankan peran publiknya (right to observe).

Demikian disampaikan oleh Aziz Siswanda Cakades Rajagaluh Lor saat ditemui di rumahnya. Sabtu, (8/9/19).

Masih lanjut Aziz, transparansi publik dan informasi merupakan modal utama dalam memimpin. Dengan adanya informasi publik yang dapat diakses oleh masyarakat, maka akan menjadi sarana pengawasan publik terhadap kinerja. Dan karenanya akan membantu menciptakan pemerintahan yang bersih, efisien, dan bebas dari praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) yang umumnya terjadi pada sistem pemerintahan yang tertutup.

“Jika terpilih nanti saya akan mengutamakan keterbukan, dan keterbukaan informasi diharapkan akan menghasilkan hal yang sehat, toleran, dan kebijakan dibuat berdasarkan pada preferensi publik, ” kata Aziz.

Aziz juga menerangkan, bahwa Pemerintahan yang baik (good governance) sangat identik dengan pemerintahan yang terbuka, yang mana pemerintahan yang terbuka menurut Aziz, mensyaratkan masyarakat untuk memiliki hak memantau perilaku pejabat publik dalam menjalankan peran publiknya (right to observe).

Lebih lanjut Aziz mengutarakan, mengutamakan musyawarah dan adanya transparansi dalam penyelanggaraan pemerintahan dapat menjamin akuntabilitas pembuat kebijakan kepada masyarakat dan mencegah terjadinya korupsi. Transparansi dalam penyelenggaraan pemerintah akan membuat pemerintah memiliki pertanggungjawaban karena dikontrol masyarakat.

“Mengutamakan musyawarah dan transparansi merupakan modal yang akan dijalankan. Saatnya perubahan menuju maju dan sejahtera,” tambahnya. (dan).

 

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kades Karyamukti, Bunyamin Khan Seru Masyarakatnya Bersihkan Sampah

M.Bunyamin Khan Kepala Desa Karyamukti Kecamatan Panyingkiran Saat Membersihkan Sampah Bersama Warganya.  ...

%d blogger menyukai ini: