Home / Berita Terkini / Kebakaran di Gunung Ciremai Ternyata Sumber Airnya dari Sini

Kebakaran di Gunung Ciremai Ternyata Sumber Airnya dari Sini

Helikopter jenis Bell saat pengambilan air di Situ Cikuda.

MAJALENGKA, – Kebakaran di Gunung Ciremai cukup membuat warga kalang kabut terlebih warga yang berada disekitar (Kaki)  Gunung tersebut. Tiga helikopter dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di Gunung Ciremai Masing-masing helikopter membawa beban 1.000 liter air.

Sementara air yang diambil oleh ketiga helikopter itu, yakni dari dua lokasi yaitu, Waduk Darma di Kabupaten Kuningan dan Situ Cikuda di Kabupaten Majalengka.

Dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majalengka, Agus Permana.  Bahwa 2 lokasi itu memungkinkan untuk memberikan sumber air dalam pemadaman kebakaran yang terjadi. Mengingat lokasi titik kebakaran berada di wilayah Kuningan dan Majalengka.

“Jika kemarin hanya Waduk Darma yang menjadi lokasi menyumbang air dengan 2 helikopter, kali ini berhubung ada penambahan helikopter, Situ Cikuda menjadi lokasi pengambilan air yang lain,” kata Agus, Sabtu (10/8/2019).

Sebelumnya, helikopter jenis Bell sudah melakukan pemadaman pada hari kemarin, Jumat (9/8/2019).

Namun, berhubung cuaca tidak memungkinkan melanjutkan pemadaman, helikopter yang dikerahkan BNPB hanya memadamkan api sebanyak satu kali.

“Tadi hanya bisa dilakukan pemadaman 1x, setelah itu mereka mendapati angin yang begitu kencang. Jadi pada pukul 15.00 WIB pemadaman resmi dihentikan,” ucap dia, Sabtu (10/8/2019).

Diketahui, awal mula kebakaran yang terlihat terjadi di blok Gua Walet, puncak Gunung Ciremai Kelurahan Argamukti, Kecamatan Argapura.

Asap termonitor pada Rabu (7/8/2019) pukul 13.00 WIB dari wilayah Argalingga, Kabupaten Majalengka. (dan).

 

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hadirnya Hotel Lain, Bukan Pesaing

MAJALENGKA, – Manajemen Hotel Fitra menganggap hotel baru yang bermunculan di wilayah ...

%d blogger menyukai ini: