Home / Berita Terkini / Kegiatan Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Sekolah Dasar, Pacu Semangat

Kegiatan Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Sekolah Dasar, Pacu Semangat

MAJALENFKA, – Pemkab Majalengka melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan kegiatan Invitasi Olahraga Tradisional. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati. Bertempat di Stadion Warung Jambu, Selasa (30/07).

Hadir dalam kegiatan tersebut Staf Ahli, Asisten Daerah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, beserta seluruh Kepala OPD, para Camat, Kepala Sekolah SD perwakilan dari seluruh Kecamatan, para atlit, manager, staf official serta para juri.

Dalam sambutannya Bupati Karna Sobahi mengatakan. Bahwa olahraga tradisional merupakan warisan budaya leluhur, komitmen membangkitkan semangat budaya tradisional harus ditunjukkan. hal ini sebagai upaya mempertahankan dan melestarikan warisan budaya daerah.

Masih terkait sambutannya, Tradisional dapat mempengaruhi kepada pembentukan Budaya pada diri seseorang, budaya tersebut wajib dijaga dari kepunahan  tradisionalnya. Ia meminta kepada Dinas Pemuda dan Olahraga agar diadakan secara rutin dipertandingkan di Sekolah-Sekolah supaya permainan tersebut dapat bertahan dan terus berkembang.
Olahraga Tradisional merupakan Olahraga unggulan keberadaannya harus dipertahankan. Ia berharap di tiap sekolah agar dapat dimunculkan dalam bentuk ekstrakurikuler.

“Saya ucapkan terima kasih pada dinas terkait dan semua elemen yang terlibat dalam acara ini, hal ini agar terus dilestarikan, mencintai budaya sama halnya mencintai
negeri kita Indonesia,” jelasnya.

Dikatakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Toto Prihanto. Menurut dia, kegiatan itu dilaksanakan bertujuan guna mendorong dan memotivasi serta memfasilitasi masyarakat. Khususnya usia sekolah dasar untuk mengenang dan melestarikan olahraga tradisional sebagai warisan budaya bangsa juga sebagai ajang seleksi untuk ke tingkat Jawa barat.

” Melalui invitasi olahraga tradisional mari kita lestarikan nilai-nilai luhur budaya kita di Majalengka umumnya di jawa barat ini,” katanya.

Kegiatan tersebut kurang lebih diikuti oleh 650 siswa, melibatkan 40 orang pelatih dan manajer 26 orang. Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan untuk kategori Putra yaitu Egrang, Dagongan, Sumpitan, sedangkan untuk Putri yang Tarumpah panjang dan Hadang.
Adapun pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dua hari dari tanggal 30 sampai 31 Juli 2019 bertempat di Stadion Warung Jambu Majalengka.(dan).

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hadirnya Hotel Lain, Bukan Pesaing

MAJALENGKA, – Manajemen Hotel Fitra menganggap hotel baru yang bermunculan di wilayah ...

%d blogger menyukai ini: