Home / Berita Umum / Kesadaran Diri Faktor Penting Dalam Menjaga Lingkungan

Kesadaran Diri Faktor Penting Dalam Menjaga Lingkungan

MAJALENGKA, – Pentingnya kesadaran menjaga lingkungan merupakan aspek dasar yang harus dimiliki oleh semua orang agar bumi lestari.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Kabupaten Majalengka, Tarsono D Mardiana saat memberikan sambutan pembukaan Seminar Merawat Bumi Pertiwi yang digelar Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Majalengka bertempat di aula gedung PC NU Kab. Majalengka, Minggu (28/3/2021).

“Mengingat kondisi bumi yang suhunya terus meningkat, manusia sebagai bagian makhluk penghuni sekaligus pemakai sumber daya alam yang ada di bumi ini tentunya harus menjaganya agar kondisi bumi tetap membaik,” ungkap Tarsono.

Ia menambahkan, banyak cara sedehana yang dapat dilakukan oleh manusia untuk menjaga alam supaya ekosistem lingkungan sekitar yang ditempati tersebut nyaman dan sejuk.

“Berangkat dari hal kecil yang bisa kita lakukan adalah disiplin membuang sampah tidak sembarangan. Karena saat ini tidak dipungkiri, akibat pengelolaan sampah tidak baik bisa menjadi persoalan di tiap daerah yang dapat berujung menjadi salah satu faktor penyebab bencana atau penyakit,” jelasnya.

Lebih lanjut Tarsono mengutarakan, bentuk upaya lainnya dalam menjaga lingkungan yakni dengan melakukan penanamam pohon. Selain melestarikan, peran pohon memiliki manfaat simbiosis sangat besar kepada makhluk sekitar.

Pohon adalah penyaring udara di bumi. Bagian daun dan batang pohon menyerap gas dan komponen berbahaya di udara lalu mengeluarkan oksigen, sehingga membantu kita untuk bernapas, jelas Tarsono.

“Oksigen yang dihasilkan pohon dapat menjaga lapisan ozon sehingga dapat melindungi kehidupan yang ada di bumi dari radiasi sinar UV,” kata Tarsono.

Seminar yang diikuti 150 orang peserta dari perwakilan pengurus LPBI NU di tiap 26 kecamatan ini dihadiri pula oleh LPBI NU PW Jawa Barat, Ketua PC NU Kab. Majalengka, Ketua DPRD Majalengka, Dandim 0617, Kapolres Majalengka, Kepala BMKG Kab. Majalengka, Kepala BPBD Kab. Majalengka, Perhutani KPH Majalengka serta Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan UKM Kab. Majalengka. (hen)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Pilkades Serentak, Laskar Gelar Istighosah

MAJALENGKA, – Relawan Lingkar Setia Karna (Laskar) kembali mengadakan kegiatan silaturahmi dan ...

%d blogger menyukai ini: