Home / Pendidikan / KNM Mahasiswa UNMA Adakan Lomba CCQ untuk Siswa Madrasah Tingkat Sekolah Dasar

KNM Mahasiswa UNMA Adakan Lomba CCQ untuk Siswa Madrasah Tingkat Sekolah Dasar

Panitia memberikan bimbingan dan arahan kepada para peserta sebelum lomba CCQ dimulai.

MAJALENGKA, sindangkasihnews.com – Minggu ketiga di bulan Agustus 2018 Kelompok 20 Kerja Nyata Mahasiswa (KNM) Universitas Majalengka (UNMA) di Desa Panyingkiran Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka mengadakan Cerdas Cermat Qur’an (CCQ) untuk anak-anak siswa madrasah tingkat sekolah dasar.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari (22-24/8/2018) bertempat di Madrasah DTA Al Huda Desa Panyingkiran Kec. Jatitujuh, Majalengka.

“Pelaksanaan CCQ ini diselenggarakan sebagai wujud sumbangsih mahasiswa KNM dalam upaya membantu memfasilitasi sarana dalam bentuk kegiatan yang mengacu pada pengembangan wawasan keislaman serta memotivasi anak-anak usia tingkat sekolah dasar untuk dapat mencintai Al Qur’an,” ungkap Fajar Maula Hidayat, salah seorang anggota Kelompok 20 KNM UNMA.

Selama perlombaan berlangsung, tak hanya menuai antusias dari 27 peserta siswa berasal dari madrasah ini, namun mendapat apresiasi pula dari orang tua/wali siswa sehingga menambah kesan tersendiri, kenangnya.

Ketua Kelompok 20 KNM UNMA, Alfian Esa Hidayat memberikan hadiah kepada pemenang lomba CCQ.

Selama berlangsungnya KNM, dalam perjalanannya sejak 1 Agustus hingga 1 September 2018, Kelompok 20 ini mengisi aktivitas berbagai rangkaian kegiatan lainnya seperti melakukan penyuluhan tentang kesehatan gigi kepada siswa Kelas A dan Kelas B di SD Panyingkiran Kec. Jatitujuh, Majalengka. Penanaman sejumlah pohon bersama petani desa setempat dan menyosialisasikan tentang pajak kepada masyarakat.

“Kami pun turut menyosialisasikan tentang pengelolaan dan pemberdayaan BUMDes bagi peningkatan perekonomian masyarakat desa dan berpartisipasi memeriahkan karnaval dalam rangka acara memperingati HUT ke-73 RI,” tutur Fajar.

Setelah itu kemudian dilanjutkan dengan kegiatan fogging (19/8/2018). “Karena di daerah Desa Panyingkiran saat itu dinilai banyak nyamuk, jadi kita bekerjasama dengan pihak pemerintah desa berisiniatif melakukan fogging untuk meminimalisir perkembangbiakan nyamuk terutama mencegah terhadap terjadinya wabah penyakit DBD,” terangnya.

Sementara jelang di akhir kegiatan selama KNM, Kelompok 20 ini memberikan tong sampah sebagai cinderamata kepada desa untuk disebarkan ke tiap RT yang ada di Desa Panyingkiran guna mendukung terhadap gerakan masyarakat sehat dalam menjaga kebersihan lingkungan. (hen)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

814 KPM di Kecamatan Kertajati Terima Bansos Raharja

MAJALENGKA, – Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui pemerintah Kecamatan Kertajati menyalurkan bantuan sosial ...

%d blogger menyukai ini: