Home / Berita Terkini / KPUD Ajak Komunitas Berpartisipasi Aktif dalam Pemilu

KPUD Ajak Komunitas Berpartisipasi Aktif dalam Pemilu

MAJALENGKA – KPUD Majalengka mensosialisasikan Pesta Demokrasi Pileg dan Pilpres 2019 dengan menggelar live music Pemilih Berdaulat Negara Kuat di Pasar Lama Majalengka, Minggu (3/3/2019).

Ketua KPUD Majalengka, Agus Syuhada menyampaikan pentingnya keterlibatan atau partisipasi rakyat yang sangat mendasar dalam pesta demokrasi tersebut. Termasuk di dalamnya keterlibatan generasi muda, atau generasi era milineal saat ni.

“Demokrasi memberikan peluang yang luas kepada rakyat untuk berpartisipasi aktif dalam Pileg dan Pilpres 2019 mendatang,” sebutnya.

Hal serupa dikatakan Bupati Majalengka, DR. H. Karna Sobahi, M.M.Pd. Disebutkannya, semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 yang jatuh pada 17 April 2019 mendatang.

“Sesuai dengan target, semuanya harus secara kolektif bersama-sama baik pemerintah daerah, KPU, Bawaslu dan Forkominda sama-sama menghadapi kegiatan ini untuk mensukseskan Pemilu baik legislatif maupun presiden,” harapnya.

Dikatakannya, pemerintah daerah pun turut andil mensosialisasikan untuk mensukseskan pesta demokradi 5 tahunan ini melalui jalur camat, kepala desa bekerja sama dengan para alim ulama untuk memberikan movitasi kepada masyarakat dalam menunaikan hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta menciptakan situasi aman, sejuk dan damai,” papar dia.

Menyinggung antisipasi Golput, Karna menyebutkan semua pihak harus memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada mereka, dengan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat, terutama para kader.

“Partisipasi yang kita harapkan di pemilih pemula hampir 47 %, yang saya dengar dari ketua KPU. Ini angka yang sangat potensial, tentukan ini pengalaman pertama mereka, sehingga perlu dilakukan pendekatan, sosialisasi yang sangat intensif,” sebutnya.

Sementara Fani Maria Viarawangi, dari pihak penyelenggara, menambahkan sosialisasi yang sekarang ini bertajuk milenial, menjelaskan tentang pemilu yang lebih berdaulat ke tingkat milenial dengan konser musik. Dengan konser musik ini, otomatis konsep KPU sekarang disukai dan menyenangkan.

“Kami berupaya ikut mensosialisasikan Pemilu dengan konsep pendekatan kepada berbagai komunitas. KPU menyatukan all genre. Ekspetasi tercapai dikarenakan kaum milenial sudah mengenal konsep pemilihan dan KPU lebih dalam. Mencintai apa itu arti memilih melalui hobi mereka. Tidak ada perbedaan, karena anak punk, reggae dan metal mempunyai hak memilih dan hari ini KPU berhasil menyentuh mereka, yang tadinya Golput jadi ikut memilih,” katanya. (gan)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kecamatan Sukahaji Sambut HUT RI Gelar Berbagai Kegiatan

MAJALENGKA, – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-74, Kecamatan Sukahaji mengggelar  beberapa ...

%d blogger menyukai ini: