Home / Berita Terkini / LFNU Majalengka Gelar Pelatihan, Cetak Kader Teoritis dan Praktis

LFNU Majalengka Gelar Pelatihan, Cetak Kader Teoritis dan Praktis

MAJALENGKA,- Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Majalengka,
menggelar Diklat Falakiyah di Aula Al Hasani PCNU Majalengka, Sabtu, (27/03/2021).

Hadir pada kesempatan itu, Drs.H.Hasan Ma’mun sebagai Kasi Penyelenggara Syariah yang juga Ketua Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Majalengka, Kyai Wahyudi Ali, M.Ag. (Sekretaris PW LFNU), KH Muhammad Ummar, M.Ag(Wakil Ketua PCNU Majalengka), jajaran pengurus PCNU Majalengka, tokoh agama, tokoh masyarakat, beserta tamu undangan lainnya.

Dikatakan Ketua PC LFNU Kabupaten Majalengka, Rizalludin, S.H.I., MH. Menurutnya, LFNU merupakan lembaga yang memiliki tugas dan program untuk mengembangkan Ilmu Falak secara teoritis maupun praktis seperti masalah Ru’yat dan Hisab dan kebutuhan pembentukan kader NU yang mahir dalam bidang Ilmu Falak.

“Ilmu falak merupakan ilmu yg langka dan hampir punah, dalam upaya melestarikannya, kami selaku Pengurus Cabang Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (PC LFNU) Majalengka mengadakan Pelatihan Ilmu Falak secara gratis. Diharapkan para peminat banyak yang ingin mendalami,” katanya.

Dalam sambutannya Ketua PCNU Majalengka KH Dedi Mulyadi, S.Ag., MM melalui Wakil Ketua PCNU, KH Muhammad Umar, M.Ag mengatakan. Pihaknya sangat apresiasi atas kegiatan LFNU melaksanakan diklat tersebut. Ia juga menghimbau agar para peserta fokus dalam mengikuti acara hingga tuntas.

“Kami sangat bangga atas kegiatan yang digelar LFNU ini, saya pribadi berharap, para kader memahami ilmu falak ini dengan seksama,” katanya.

Sementara Drs.H.Hasan Ma’mun sebagai Kasi
Penyelenggara Syariah Sekaligus Ketua Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Majalengka dalam sambutannya, ia mengatakan. Ilmu falak saat ini sangat penting diketahui oleh warga nahdliyin, terlebih kondisi alam saat ini sudah sering terjadi pergeseran. Dengan hal tersebut bagi yang menguasai falakiyah wajib membenarkan dan menentukan arah kiblat khususnya.

“Ini sangat penting kita adakan, kedepan ilmu falak ini akan banyak dibutuhkan oleh masyarat,” kata dia, sekaligus dilanjutkan membuka acara.

Ilmu falak merupakan ilmu yang mengkaji peredaran benda langit terutama bumi, bulan dan Matahari serta merupakan ilmu yg langka dan hampir punah. Maka, bersiaplah semua peserta akan dikader manjadi manusia langka. Barang langka itu pasti Mahal harganya. Tambah dia.

Peserta perwakilan dari 26 MWC NU dan beberapa pondok pesantren dengan jumlah terdaftar sebanyak 118 orang tersebut, tekun dalam mengikuti materi. Yakni, penentuan awal bulan qamariah, penggunaan mizwala qibla finder dan perhitungan arah kiblat

Acara dimulai dari pukul, 08.00 WIB hingga pukul,16.00 WIB itu,
berjalan dengan lancar, para peserta pun nampak antusias dalam mengikuti berbagai materi.(fad).

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Pilkades Serentak, Laskar Gelar Istighosah

MAJALENGKA, – Relawan Lingkar Setia Karna (Laskar) kembali mengadakan kegiatan silaturahmi dan ...

%d blogger menyukai ini: