Home / Berita Terkini / Lomba Tumpeung Turut Meriahkan Maulid Nabi di Desa Cikeusik

Lomba Tumpeung Turut Meriahkan Maulid Nabi di Desa Cikeusik

Warga Masyarakat Desa Cikeusik Saat Pawai Nasi Tumpeung, Sebelum Penilaian Juri di Mulai. 

MAJALENGKA, – Bulan robiul awwal atau yang lebih dikenal bulan maulid merupakan salah satu bulan hijriyah yang dikeramatkan oleh seantero umat muslim di dunia.
Berbagai kegiatan keagamaan, adat atau pun budaya banyak digelar diberbagai daerah. Merupakan bentuk perwujudan kecintaan kepada Rosulullah SAW yang membawa agama islam ke muka bumi.

Hal tersebut diaplikasikan oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) al-Barkah Desa Cikeusik, Pemerintahan Desa dan warga masyarakat. Datangnya bulan Maulid berbagai kegiatan digelar seperti, mulud keliling, safari Istighosah ke setiap majlis ta’lim, ceramah keagamaan, dan baru-baru ini, tengah mengadakan lomba tumpeung. Minggu, (17/11/19).

Sebanyak 5 blok turut andil meriahkan acara tersebut, sebelum para peserta lomba tumpeung dari masing-masing blok keliling di sekitar Desa Cikeusik, terlebih dahulu dilaksanakan maulidan (Al barjnaji).

Setelah para peserta lomba keliling Desa menampilkan hasil karyanya kemudian para juri memberikan penilaian.
Adapun kreteria penilaian dinilai dari kreativitas, gizi, cita rasa, kekompakan , dan kerapihan.

Dikatakan Jaenudin selaku Kades Cikeusik. Menurutnya, dalam menyambut dan memeriahkan bulan maulid kegiatan lomba tumpeung sudah sering dilaksanakan di Desanya. Antusias warga pun terlihat saat berbondong-bondong, arak-arakkan mengantarkan nasi tumpeung untuk dilombakan. Dan setiap acara yang diadakan di Desanya selalu berjalan sesuai rencana hingga sukses.

“Saya berharap dengan digelarnya kegiatan ini, masyarakat akan lebih memaknai bulan maulid dan lebih meningkatkan ketaqwaan serta selalu mengingat baginda Risulullah SAW, ” katanya.

Salah Satu Kelompok Peserta Lomba Tumpeung, Nampak semangat Mengikuti Rangkaian Acara. 

Jaenudin pun mengucapkan terima kasih pada masyarakat yang telah menyukseskan acara tersebut.

Hal senada dikatakan Oman Sukrioman selaku Ketua Panitia. Menurut dia, dengan adanya acara tersebut, diharapkan masyarakat lebih memaknai arti dari silaturahim dan tetap mengingat serta melestarikan bulan bersejarah  mauid Nabi Muhammad SAW.

“Alhamdulillah acara ini berjalan lancar, semoga ke depan lebih semarak dan lebih kompak lagi, kami selaku DKM akan terus melestarikan hal-hal yang bersejarah dalam islam, ” tuturnya.

Sementara Baban Kurbandi selaku Ketua DKM Masjid Al Barkah menuturkan, diadakannya acara tersebut semata berdasar atas kecintaan pada baginda rosul dan agar tali ukhuwah islamiyah warga masyarakat Cikeusik tetap terjalin.

“Kami para DKM dan Desa serta masyarakat akan terus mengadakan kegiatan-kegiatan islam guna menghidupkan syiar dan menumbuhkan kesadaraan dan rasa memikiki,” tuturnya.

Masyarakat nampak antusias dalam menyambut bulan maulid Nabi SAW, sejak acara berlangsung meriah hingga selesai.(dan).

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

 APBD Majalengka di Tahun 2020 Naik Hingga Rp 3,6 Triliun

Ketua DPRD Majalengka, Drs. H. Edy Anas Djunaedi, MM saat tanda tangani ...

%d blogger menyukai ini: