Home / Berita Terkini / Terkait Data Penduduk, LSM GMBI Distrik Majalengka Datangi Kantor BPS

Terkait Data Penduduk, LSM GMBI Distrik Majalengka Datangi Kantor BPS

MAJALENGKA, – LSM GMBI Distrik Majalengka lakukan audiensi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Majalengka terkait soal adanya ketimpangan data penduduk yang mengakibatkan terjadinya tidak tepat sasaran bagi masyarakat penerima bantuan sosial, Selasa (18/2/2020).

Sekretaris LSM GMBI Distrik Majalengka, Yayat Supriatna mengatakan, pihaknya melakukan audiensi dengan BPS untuk mencari kejelasan mekanisme atau sistem hasil pendataan tersebut.

“Sebelumnya, kami telah mengkonfirmasi ke Dinsos namun pihak Dinsos mengatakan bahwa data penduduk yang diperolehnya dari BPS. Makanya kami ke sini untuk mencari kejelasan,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BPS Kab. Majalengka, Drs. Jerison Sumual, MM mengatakan, usai audiensi digelar sepakat kedua belah pihak (BPS dan LSM GMBI-red) akhirnya sepakat dengan klarifikasi sekaligus jawaban yang ditiangkan dalam notulen bahwa data awal merupakan data dari BPS hasil dari pendataan basis data terpadu 2015 yang diteruskan ke tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TNP2K).

Kemudian, lanjut Jerison, pelaksanaan program bantuan sosial dilakukan oleh Kementerian Sosial melalui dinas sosial kab/kota. Sementara untuk tim penanggulangan kemiskinan daerah (TPKD) dapat dilakukan updating data melalui dinas sosial/Bapelitbangda.

“Untuk updating data dapat dilakukan oleh pemerintah desa atau kelurahan melalui mekanisme musyawarah desa atau kelurahan,” tandasnya. (hen/dan)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Penyeprotan Disinfektan Secara Massal, Tekan Risiko Penyebaran Covid-19

MAJALENGKA, – Untuk menekan tingkat risiko penyebaran Virus Corona, sterilisasi di sepanjang ...

%d blogger menyukai ini: