Home / Berita Terkini / Majlis Ta’lim Uswatun Hasannah Desa Jayi Santuni Anak Yatim

Majlis Ta’lim Uswatun Hasannah Desa Jayi Santuni Anak Yatim

MAJALENGKA,- Agama Islam merupakan agama yang damai, penuh kasih sayang, tak heran apabila terdapat anjuran, bahkan perintah kebaikan untuk diamalkan umatnya.

Sebagai suatu agama yang dirahmati, Islam memiliki berbagai ibadah yang perlu dilakukan umat Muslim. Ibadah tersebut ada yang bersifat wajib dan sunah. Salah satu ibadah adalah menyantuni anak yatim.

Menyantuni anak yatim dapat selalu menjadi kesempatan baik sebagai kegiatan berbagi sekaligus beribadah. 

Kegiatan santunan anak yatim kali ini dilakukan Ust. Ade Iman Imanulhaq pengasuh Majlis Ta’ lim Uswatun Hasannah, Blok Dukuh Jayi Kaler Desa Jayi Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka. Minggu,(24/01/2021).

Hadir pada kesempatan itu, para kyai, ustad, tokoh masyarakat, dan masyarakat sekitar.

Sebanyak 30 anak yatim diberi santunan serta diarahkan cara menyayangi teman dan belajar selalu bersyukur pada siapa pun yang memberi dengan tidak melihat jenis atau besar kecilnya pemberian tersebut.
Selain itu mereka dibimbing bagaimana cara bersyukur pada sang pencipta alam Allah SWT.

Dikatakan Ust.Ade Iman, menurutnya, seseorang bisa jadi berkecukupan secara materiil maupun nonmateriil salah satunya peduli pada anak yatim.
Kepedulian terhadap anak yatim harus menjadi suatu tradisi dan kebiasaan, harus dapat mengakar di kalangan umat Muslim. Bukan hanya persoalan empati, penyaluran rasa kasih sayang pada anak yatim merupakan amalan yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW.

” Ya kami keluarga besar MT. Uswatun Hasannah merasa terpanggil dan hal ini agar menjadi ladang baik bagi kita semua dan insya allah kita inginkan santunan ini berjalan setiap bulan,” katanya.

Selain pribadi dana yang diberikan merupakan hasil dari anyaman gedebog pisang yang di kelola oleh yayasan, hingga masyarakat sekitar mempunyai penghasilan, dan sebagian hasilnya di salurkeun untuk santunan.

Hal senada dikatakan Ahmad Hendrik pengurus MT.Uswatun Hasannah yang juga merupakan pengurus PC.LPBI NU Majalengka. Bahwa umat Muslim memiliki keutamaan untuk menyantuni anak yatim dan berbagi kebermanfaatan.
Menyantuni anak yatim pun tidak terlepas dari keutamaan untuk memberikan dan memperhatikan semua keperluan hidupnya, misal makan, minum, pakaian, pengasuhan, dan ajaran agama.

” Anak yatim tetap memiliki hak untuk disantuni oleh kita atau mereka yang memiliki kecukupan rezeki serta kemapanan psikologis dan sosiologis,” ucap Hendrik.

Santunan anak yatim di MT.Uswatun Hasannah sudah sering dilakukan, ke depan MT.Uswatun Hasannah akan menyantuni kaum du’afa.(fad).

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

50 Lansia Jalani Operasi Katarak Gratis

MAJALENGKA, – Kegiatan bakti sosial operasi katarak yang sudah terprogram bahkan berjalan ...

%d blogger menyukai ini: