Home / Berita Terkini / Menguak Misteri Patilasan Nyi Rambut Kasih

Menguak Misteri Patilasan Nyi Rambut Kasih

patilasan me nyi.jpg 3me nyi.jpg 2me nyi

MAJALENGKA (SKN) Situs Purbakala Patilasan (Jejak / Bekas) Nyi Rambut Kasih Ratu dari penguasa  Kerajaan Sindangkasih (sekarang Majalengka) terletak di kelurahan Sindangkasih Kecamatan Majalengka, Patilasan Nyi Ratu Rambut Kasih atau Nyai Rambut kasih menjadi salah satu situs kebudayaan daerah di Majalengka.

 

Sebelum memasuki Area patilasan, terdapat sebuah gapura yang bertuliskan “Nyi Rambut Kasih”, selanjutnya kita akan sedikit berkeringat untuk menaiki tangga bukit menuju lokasi. Setiba dilokasi jika kebetulan kita memasuki area tersebut sendirian, maka  akan sangat terasa suasana mistis,  bagaimana tidak, karena suasana dipetilasan tersebut dikelilingi oleh pohon – pohon yang cukup rindang dan berbunyi berderit-derit, ditambah pula dengan adanya batu patilasan yang penuh dengan taburan bunga serta bau dupa, sehingga akan membuat sugesti kita berimajinasi pada sesuatu yang menakutkan.

 

Patilasan ini berupa tiga  buah batu yang diteduhi oleh “saung”. Ketiga buah batu tersebut masing – masingnya bernama Batu Karancang yang bentuknya bulat dan berlubang, Batu Mamiring yang bentuknya terbelah serta Batu Maninggur, dan khusus untuk batu yang terakhir dalam belahan batu tersebut tumbuh sebuah pohon jambu yang cukup besar dan disampingnya terdapat sumur yang bernama Sumur Cikahuripan (Air Kehidupan).

 

Disini tidak akan ditemukan makam atau kuburan Nyi Rambut Kasih, yang ada hanya patilasannya, karena menurut legenda rakyat Nyai Rambut Kasih tidaklah mati atau meninggal melainkan “ngahiang” (menghilang)

 

Sosok Nyi Ratu Rambut Kasih sendiri menurut dari cerita turun temurun telah hidup sejak sekitar abad 15,  Beliau merupakan wanita yang memiliki rasa  penyayang yang sangat besar terhadap semua makhluk, tanpa membedakan bedakannya oleh karena itulah nama Nyai yang mempunyai rambut berjuntai panjang itu ditambahkan nama “Kasih” dibelakangnya.

 

Terlepas dari apakah kisah Nyai Rambut Kasih ini sebuah sejarah atau legenda, namun satu lagi bukti peninggalan purbakala di Kabupaten Majalengka ini menambah daftar kekayaan yang perlu untuk dilindungi serta dilestarikan, agar cagar budaya tersebut tetap terjaga hingga pada generasi selanjutnya . (rch)

 

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bumdes Perkuat Perekonomian Desa

MAJALENGKA, sindangkasihnews.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Majalengka memberikan ...

%d blogger menyukai ini: