Home / Berita Umum / Mulai Bulan Depan Pemohon SIM Baru dan Perpanjangan Harus Jalani Tes ini

Mulai Bulan Depan Pemohon SIM Baru dan Perpanjangan Harus Jalani Tes ini

MAJALENGKA, – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Majalengka, Polda Jawa Barat akan memberlakukan tes psikologi bagi pemohon yang ingin mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso, melalui Kasat Lantas, AKP Luky Martono, didampingi Kanit Regident, Iptu Iwan Hendi Sutisna mengatakan, pemberlakuan tes psikologi tersebut, juga tak hanya bagi pemohon SIM yang baru.

Tetapi, kata dia, masyarakat yang akan perpanjangan masa berlaku SIM pun juga harus melalui uji psikologi yang tenaganya sudah disediakan oleh kepolisian. Bahkan, pemberlakukan tes psikologi tersebut akan segera diterapkan pada Bulan September 2020 mendatang.

“Tes psikologi ini berlaku bagi pemohon SIM baru dan perpanjangan untuk semua golongan dan saat ini kita masih dalam tahap sosialisasi dulu,” ungkap Kasat Lantas, Minggu (22/8/2020).

Dia menuturkan, aturan pemberlakukan tes psikologi sudah tertuang dalam UU RI, nomor 2 tahun 2009, tentang Polri dan UU Nomor 22 tahun 2019, tentang LLAJ dan aturan tersebut juga diperkuat dengan peraturan Kapolri Nomor 9 tahun 2012.

“Tes psikologi dilakukan oleh psikolog yang berpengalaman dan ditunjuk langsung oleh Polri dan pemohon SIM harus memenuhi syarat administrasi dan kesehatan (jasmani dan rohani). Tes psikologi merupakan syarat untuk bukti kesehatan rohani,” katanya.

Kasat Lantas menambahkan, pemberlakuan psikologi tersebut, juga sesuai ST Kapolri, nomor: ST/1681/VI/YAN.1.1/2020/tanggal 15 juni 2020, tentang penegasan kembali persyaratan kesehatan PD YAN BIT SIM.

“Pemberlakuaan psikologi tersebut, juga sesuai ST Kapolda Jabar: ST/1589/VIII/YAN.1.1/2020, 10 Agustus 2020, tentang penekanan kembali proses penerbitan SIM di Satpas Polres jajaran,” jelasnya.

Dengan demikian ia berharap, agar pengendara tidak hanya memahami aturan berkendara dan rambu lalu lintas, tetapi juga bisa mengendalikan diri selama berkendara. Sehingga bisa menekan angka kecelakaan. (hen)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bedah Rumah, Dua Rumah Warga Tidak Mampu Diperbaiki Kodim 0617 Majalengka

MAJALENGKA, – Kodim 0617/Majalengka, memperbaiki dua rumah tidak layak huni (Rutilahu) milik ...

%d blogger menyukai ini: