Home / Berita Umum / Peduli Pesantren, RMI NU Majalengka Gelar Pelatihan Potong Rambut

Peduli Pesantren, RMI NU Majalengka Gelar Pelatihan Potong Rambut

MAJALENGKA,- Pengurus Cabang Rabithah al-Ma’ahid al-Islamiyyah (RMI) NU Kabupaten Majalengka menggelar pelatihan potong rambut para santri putri. Minggu, (21/02/2021).

Acara yang bertempat di Aula Al- Hasani PCNU Majalengka itu, dihadiri Ketua PCNU Majalengka, H.Dedi Mulyadi, Kasi Pontren Kemenag Majalengka, H.M. Risan, wakil Ketua PCNU, K.Ade Ganda Sasmita, Ketua LPBI NU, Kang Dani, dan tamu undangan lainnya.

Peserta pelatihan yang terdiri dari utusan pesantren Se-Kabupaten Majalengka itu mendapat respon positif dari berbagai kalangan masyarakat, nampak antusias peserta dalam mengikuti pelatihan itu.

Dalam sambutannya Ketua RMI PCNU Majalengka, Muhammad Nawawi Fathullah, M.Pd.I mengatakan. Bahwa, memotong rambut kaum wanita di butuhkan Keahlian khusus, karena tidak semua tukang potong rambut bisa mencukur rambut kaum wanita. Dengan pelatihan tersebut banyak sisi manfaat, selain santri putri mempunyai keahlian potong rambut, santri putri pun dapat membuka salon muslimah di pesantren, di rumah, dan di tempat lain.

“Islam memandang rambut merupakan mahkota, sehingga tak heran kalau islam mengajarkan tentang kebersihan dan kerapihan dalam mengurus rambut, apalagi santri putri nantinya akan menjadi calon istri,” katanya.

Masih kata dia, rambut merupakan mahkota, mahkota tersebut tentu harus di rawat selain hidup sehat, hal itu juga bisa utk membahagiakan suami-suaminya kelak.
Hadis Nabi mengatakan: Man Kana Lahu Sya’run Falyukrimhu

(من كان له شعر فليكرمه) رواه ابو داود

Artinya: Barangsiapa yg mempunyai Rambut, maka hendaklah dia memulikannya.

“Nah makanya rawatlah dan muliakanlah rambutmu karena nabi Muhammad SAW pun selalu meyisir rambutnya dan suka memberi minyak rambut,” tambahnya.

Ketua PCNU Majalengka, KH.Dedi Mulyadi, S.Ag,. MM, mengapresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan RMI NU.
Menurutnya, pelatihan potong rambut sangat penting dan sangat bermanfaat terutama bagi kaum hawa, dan bagi pesantren- pesantren bisa membuka salon muslimah di tempatnya.

Sementara Gus Rozin Ketua PP RMI NU dalam sambutan live streamingnya, ia sangat apresiasi dan terkejut atas acara yang digelar oleh RMI NU Majalengka. Karena menurut dia, baru kali ini RMI melaksanakan pelatihan potong rambut kaum wanita terutama untuk lingkungan pesantren. Dan majalengka merupakan yang pertama kalinya mengadakan acara tersebut.

“Ini terobosan bagus yang RMI NU Majalengka lakukan, kami sangat apresiasi dan untuk RMI terus melakukan agenda terbaik untuk NU dan Masyarakat,” ucapnya.

Pelatihan tersebut diutamakan untuk pesantren, lembaga-lembaga NU, Banom, namun ada pula masyarakat mengikuti pelatihan tersebut.(fad).

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Pilkades Serentak, Laskar Gelar Istighosah

MAJALENGKA, – Relawan Lingkar Setia Karna (Laskar) kembali mengadakan kegiatan silaturahmi dan ...

%d blogger menyukai ini: