Home / Fokus Majalengka / Pembangunan Alun Alun Majalengka Ditarget Selesai Akhir Tahun 2020

Pembangunan Alun Alun Majalengka Ditarget Selesai Akhir Tahun 2020

MAJALENGKA, – Sejak pandemi, pengerjan alun alun Majalengka terhenti total. Saat ini, jejak pengerjaan ‎proyek bernilai total Rp.18 milyar tersebut sudah tampak berbeda. Tahap pertama renovasi alun-alun ini telah menghabiskan anggaran Rp. 10 milyar.

Kabar baiknya, di tahap kedua pembangunan renovasi alun alun Majalengka itu dianggarkan Rp. 8 miliar dan kini telah selesai proses lelangnya. Kontraktornya telah siap untuk mengerjakan kembali pembangunan yang tertunda tersebut.

Diakui Asda II Setda Majalengka, Gun Gun MD, pembangunan di wilayah Kabupaten Majalengka banyak dipending akibat pandemi, efek lainnya pendapatan daerah juga berkurang.

“Nyaris semua pembangunan terhenti, tapi itu sebagian saja. Ada sumber lain yang masih akan tetap dilanjutkan di tahun ini. Pembangunan akibat anggaran recofushing itu juga terdampak oleh penanganan covid-19‎,” ungkapnya, dalam sesi diskusi santai di sekretariat PWI Majalengka, Jumat (10/7/2020).

Hal senada dijelaskan Kabag Ekonomi Setda Majalengka, Irfan Nuralam. Ia menjelaskan masa pandemi ini, pihaknya menghadapi dilema tentang kesenjangan para kontraktor jasa konstruksi.

Kesenjangan tersebut, karena hanya sebagian pengusaha saja, yang bisa mencairkan dan mengerjakan jenis pekerjaan yang bersumber dari anggaran tertentu.

“Ada kesenjangan antar pengusaha, karena pencairan anggaran hanya khusus untuk jenis pekerjaan yang bersumber dari dana khusus yakni DID dan DAK. Sementara, proyek-proyek yang bersumber dari dana alokasi umum atau DAU tidak bisa dicairkan. Sehingga, secara otomatis hanya sebagian pengusaha,” jelas Irfan, dengan nada santai dan ramah.

Dikatakan Irfan, alun alun Majalengka harus dan akan selesai akhir tahun 2020. Saat ini telah ada Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat, tentang kelanjutan pengerjaan alun alun Majalengka.

“Karena sumber anggaran ini langsung dari dana provinsi dan sudah ada SK gubernurnya. Lelang sudah dilakukan, pengerjaan tahap kedua alun Majalengka akan segera dilakukan,” ujarnya.

Irfan mengajak masyarakat Majalengka untuk bersama-sama mematuhi protokol kesehatan, serta, soal ‎kesenjangan antar pengusaha kontraktor ini agar dimaklumi. Mengingat situasi pandemi Covid-19 ini, semua orang pun tidak pernah menginginkannya.

“Mohon agar masyarakat memaklumi dan memahaminya. Soal pembangunan infrastruktur di Majalengka, Pemkab sudah punya planning secara mendetail sampai tahun 2023. Sarana-sarana infrastruktur ini lebih pada aspek yang monumental, yang dimaksudkan untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat,” tandasnya. (hen)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Desa Kawunggirang Tangguh Lawan Covid 19, Panen Raya Padi dan Budidaya Ikan di Saung Pakuwon

MAJALENGKA, -Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso mengapresiasi penuh aneka sayuran yang ...

%d blogger menyukai ini: