Home / Berita Umum / Pemdes Dawuan Lakukan Normalisasi Sampah

Pemdes Dawuan Lakukan Normalisasi Sampah

MAJALENGKA, – Pemerintah Desa Dawuan, Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka melakukan normalisasi sampah dengan menggunakan anggaran dari pencairan Dana Desa (DD) tahap kesatu. Hal itu dilakukan dikarenakan kapasitas daya tampung sampah di desa tersebut sudah tidak mumpuni lagi.

“Tempat penampungan sampah di Desa Dawuan kondisinya tidak mumpuni lagi. Sebelumnya, aktivitas pembuangan sampah tiap harinya sebanyak empat cator sedangkan daya tampung yang dimiliki hanya tiga cator. Jadi tiap harinya terjadi penumpukan dari satu cator,” ungkap Kepala Desa Dawuan, Abdul Rohman Baehaqi, Selasa (6/4/2021).

Untuk mendukung program pengelolaan sampah agar lebih baik, maka dari DD tahap kesatu itu pihak Pemdes Dawuan membeli mobil sampah jenis carry dan 5 bak penampung sampah seharga Rp.270 juta. Dengan demikian, ke depannya tumpukan sampah akan dapat dibuang langsung ke TPS yang ada di Desa Heuleut dengan menggunakan kendaraan tersebut.

“Ke depannya dalam pengelolaan sampah kita juga bekerja sama dengan Bumdes dan Karang Taruna. Jenis sampah akan dipilah terlebih dahulu sesuai jenisnya, seperti organik dan non organik sebelum dibuang ke TPS. Sehingga diharapkan dalam pengelolaan sampah di Desa Dawuan akan lebih baik lagi,” kata Abdul Rohman.

Kemudian lanjut dia, melalui DD tahap kesatu Pemdes Dawuan juga mengalokasikan BLT dengan anggaran sebesar Rp.150 juta untuk 100 orang warganya dan penanganan Covid-19 sebesar Rp.10 juta.

Terpisah, Camat Dawuan, Saleh mengapresiasi terhadap segala program skala prioritas desa yang diterapkan pengalokasiannya bersumber dari DD.

“Kita berharap semuanya dapat berjalan sesuai aturan jangan sampai terjadi penyalahgunaan. Intinya sekarang desa-desa dalam melakukan pengelolaan dana desa sudah baik. Mudah-mudahan dalam menjalankan program yang sudah direncanakan dapat direalisasikan dengan baik pula,” harap Camat Dawuan.

Mengenai perihal mekanisme pencairan BLT DD, Saleh mengatakan, sekarang dapat langsung dicairkan oleh masing-masing penerima melalui rekening ATM yang dipegangnya.

“Sudah dibagikan semuanya, sekarang kan melalui ATM tidak melalui pelantara lagi. Jadi bisa diambil langsung. Kemarin untuk Dawuan sudah dibagikan semuanya dan alhamdulillah berjalan lancar, tidak ada kendala,” tandasnya. (yaya/SKN-2)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PAC Ansor Sindangwangi Gelar Konferancab, Hasilkan Ketua Terpilih Abdul Azis

MAJALENGKA,-Bertempat di Mushola As-Syafi’iyyah, Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan ...

%d blogger menyukai ini: