Home / Kesehatan / Pemdes Sinarjati Fokus Perangi Covid 19

Pemdes Sinarjati Fokus Perangi Covid 19

MAJALENGKA, – Di tengah pandemi coronavirus disease (Covid 19) Pemerintah Desa Sinarjati Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka fokus gencar melakukan sosialisasi sekaligus memberikan imbauan kepada warganya terkait antisipasi pencegahan penularan virus corona.

“Penyampaian kepada masyarakat tentang edukasi penerapan pola hidup sehat baik melalui pemasangan sarana publikasi banner maupun melalui RT dan RW untuk melakukan pemantauan kepada warga perantau yang datang di momen rutinitas mudik tahunan,” ungkap Kepala Desa Sinarjati, Aceng Aminudin, Rabu (22/4/2020).

Dalam hal ini, pihak keluarga yang bersangkutan dimohon supaya memberi kabar diusahakan agar jangan sampai pulang kampung. “Semaksimal mungkin berusaha kepada keluarganya untuk dibicarakan ke warganya yang di luar kota. Adapun yang memaksa untuk datang diminta segera melapor agar langsung dicek dan periksa oleh tim medis sesuai protokol pencegahan terhadap penyebaran Covid 19, termasuk pemberlakukan karantina selama 14 hari untuk melihat hasil perkembangannya,” urainya.

Aceng menyebut, jumlah warga Sinarjati yang merantau berdasarkan data tercatat sekitar 2 persen, sehingga dapat dipastikan jumlah warganya yang mudik sedikit. Namun pihaknya tetap akan memberlakukan protokol kesehatan untuk antisipasi penanganan penyebaran Covid 19.

Untuk sementara ini, menurut Kades Aceng, keadaan di Desa Sinarjati dinyatakan aman.Mengenai penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah khususnya di tempat-tempat umum dan peribadahan sudah dilaksanakan.

Sebagai mana desa lainnya, Pemdes Sinarjati telah melaksanakan kegiatan gerakan membagikan masker kepada seluruh warganya. Mekanisme pendistribusiannya melibatkan secara dikoordinir masing-masing RT yang kemudian diteruskan pembagiannya langsung ke rumah-rumah warga.

Terkait aktivitas di masjid Sinarjati yang letaknya berada di pinggir jalan raya Cirebon-Bandung sementara ini dihentikan, pihak Pemdes setempat menyatakan hal itu dilakukan dengan alasan demi keamanan dan keselamatan bersama di tengah situasi pandemi Covid 19.

“Mohon dengan sangat agar dimaklumi bersama dalam sebulan terakhir ini, demi keamanan dan keselamatan kita bersama sehingga untuk di masjid tersebut sementara ini dihentikan,” jelasnya. (yaya/SKN-2)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

814 KPM di Kecamatan Kertajati Terima Bansos Raharja

MAJALENGKA, – Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui pemerintah Kecamatan Kertajati menyalurkan bantuan sosial ...

%d blogger menyukai ini: