Home / Berita Terkini / Pemkab Majalengka dan Kejaksaan Negeri Komitmen Tegakkan Hukum

Pemkab Majalengka dan Kejaksaan Negeri Komitmen Tegakkan Hukum

MAJALENGKA, – Pemerintah Kabupaten Majalengka dan Kejaksaan Negeri Majalengka tandatangi kesepakatan kerjasama tentang penegakan hukum perdata dan tata usaha negara dalam rangka kesiapan terhadap penyelesaian masalah hukum yang dihadapi oleh Pemda. Penandatanganan tersebut  dilaksanakan di Gedung Yudha Karya Abdi Negara Kejaksaan Negeri Majalengka, Rabu (2/10).

Dalam sambutannya Bupati Majalengka, DR. H. Karna Sobahi, M.M.Pd menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas terealisasinya prakarsa kesepakatan bersama antara Pemda Kabupaten Majalengka dengan Kejaksaan Negeri Majalengka dalam penanganan permasalahan Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara.

“Kesepakatan bersama ini merupakan payung hukum sekaligus merupakan pintu masuk dalam pelaksanaan kegiatan berupa pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya oleh Kejaksaan Negeri Majalengka kepada Pemkab Majalengka,” kata Bupati.

Bupati menjelaskan, adapun ruang lingkup Kesepakatan bersama itu seperti pendapat hukum, pendampingan hukum, maupun sebagai konsiliator, mediator, fasilitator dalam hal terjadi sengketa atau perselisihan dalam bidang hukum perdata dan Tata Usaha Negara.

Dengan adanya kesepakatan bersama ini, ke depan Jaksa sebagai pengacara negara dapat memberikan bantuan hukum dengan bertindak sebagai kuasa hukum dari Pemerintah Daerah di dalam ataupun di luar pengadilan.

“Saya berharap setelah ditandatanganinya Kesepakatan bersama ini di masa yang akan datang tidak terjadi lagi hambatan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, ” tuturnya.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Majalengka, Sri Indriarti, SH.,MH., menyambut baik kerja sama ini, yang mana pihaknya siap bersinergi dengan memberi pertimbangan, pendampingan dan bantuan hukum kepada Pemkab Majalengka di bidang perdata dan tata usaha negara (TUN) sesuai kesepakatan.

Selain fungsi kejaksaan di bidang umum dan khusus, terkait bidang Perdata dan tata usaha negara merupakan bentuk upaya menyelamatkan kekayaan negara yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian bangsa.

“Kami berharap nota kesepahaman maupun perjanjian kerjasama yang telah dibuat dan ditandatangani bersama tadi segera dapat diimplementasikan dalam berbagai kegiatan nyata dengan penuh kesungguhan,” jelasnya.

Penandatanganan bersama turut dihadiri Wakil Bupati, Sekda, Kepala Kejaksaan Negeri beserta jajarannya, Staf Ahli, Asisiten Daerah Kab. Majalengka, Inspektur, Sekretaris DPRD, para Kepala OPD dan para Camat se-Kabupaten Majalengka. (hen/dan).

 

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

RSUD Majalengka Siap Tempuh Jenjang Akreditasi SNARS di Tahun 2020

MAJALENGKA, – Setelah dilakukannya survey verifikasi pertama di tahun 2018 dan menyandang ...

%d blogger menyukai ini: