Home / Berita Umum / Pemkab Majalengka Jamin, Pemberdayaan Petani dan Ketahanan Pangan Stabil

Pemkab Majalengka Jamin, Pemberdayaan Petani dan Ketahanan Pangan Stabil

MAJALENGKA, – Pemerintah Desa Mandapa Kecamatan Dawuan, baru melaksanakan Panen Raya bersama masyarakat. Panen Raya tersebut dimotori Kelompok Tani Gapoktan Permata Prima Desa Dawaun.

Hadir pada kesempatan itu Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D. Mardiana, Kadis Pangan Wawan Suwandi yang juga Plt.Kadis Pertanian dan Perikanan,
Anggota DPRD Majalengka  Nia Kuriniasih, Camat Dawuan Sidharta, Unsur Muspika Kecamatan Dawuan, para penyuluh pertanian dan undangan lainnya.

Acara tersebut diapresiasi Wabup Tarsono. Ia menyampaikan, bahwa bidang pertanian merupakan bidang yang sangat penting dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan.
Selain itu Wabup menyinggung terkait indrusti di majalengka yang harus dikawal dalam peningkatannya.

“Diharapka di Majalengka bidang pertanian dan industri terus mengalami peningkatan yang pada gilirannya terjadi alih fungsi lahan. Karena itu, kewajiban pemerintah harus melindungi dan mengatur agar ketahanan pangan daerah tidak terganggu, dan tetap terjaga, ” ungkapnya saat memberikan sambutan pada acara itu, Kamis (14/03).
Tarsono menghimbau, agar masyarakat bersama-sama terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan supaya bidang usaha pertanian,  perkebunan dan perikanan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. Karena Pemerintah akan fokus dalam pembangunan daerah, dan berupaya melakukan dukungan serta bantuan dalam peningkatan sektor pertanian, untuk pemberdayaan petani.

“Dinas terkait harus mengawal proses penyediaan bantuan bibit-bibit tanaman maupun bantuan tenaga melalui pendampingan oleh para penyuluh pertanian. Semua pihak harus bergerak untuk mensejahterakan masyarakat agar perekonomian mereka meningkat,” tambahnya.

Harapan Pemerintah Desa

Guna memudahkan para petani menjual hasil tanaman, peran Bumdes harus dioptimalkan. Diharapkan hadirnya pasar agro bisnis modern agar menjadi sentrak transaksi jual beli hasil-hasil pertanian dan perkebunan masyarakat.

Dikatakan Kades Mandapa, Cucu Hasan Nugraha. Menurutnya, diharapkan peran pemerintah daerah dalam memperhatikan pertanian terus ditingkatkan, keberpihakan pada ketahanan pangan harus difokuskan diantaranya dengan cara memberikan asumsi (modal) bagi para petani, sehingga petani tidak was-was dalam menggarap lahannya.

“Kami pemerintah desa, mengucapkan terima kasih atas kebijakan pemerintah, terutama pemkab majalengka yang yang hingga saat ini masih fokus pada para petani. Kami berharap perhatian pada ketahanan pangan dan para petani terus ditingkatkan, ” ungkap Kades. (dan/gan).

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

OJK Tutup Paksa Pinjaman Dana Online

CIREBON, – Sedikitnya 168 entitas illegal dihentikan paksa operasionalnya oleh Satgas Waspada ...

%d blogger menyukai ini: