Home / Berita Umum / Perangi Covid 19, Pemdes Gandu Lakukan Penyemprotan dan Bagikan Masker

Perangi Covid 19, Pemdes Gandu Lakukan Penyemprotan dan Bagikan Masker

MAJALENGKA, – Dalam melakukan pencegahan penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Desa Gandu, Kecamatan Dawuan melakukan upaya pengantisipasian dengan berbagai kegiatan.

“Beberapa kegiatan yang sudah kita lakukan di antaranya penyemprotan sudah berjalan tiga kali begitu pula dengan pembagian masker dan hand sanitizer. Untuk hari ini sebanyak 750 masker kita bagikan gratis kepada warga,” ungkap Kepala Desa Gandu, Iwan Kurniawan, SH, Selasa (21/4/2020).

Dikatakan Kades Iwan, menjelang bulan ramadhan pun dilakukan pembagian masker untuk di wilayah RT dan RW setempat. Kemudian, untuk antisipasi warga pemudik pihaknya akan mendata secara terperinci dan melakukan pengawasan terhadap warga yang ODP.

Di tengah pandemi Covid 19 ini, diakui Iwan, masih ada kebiasaan masyarakatnya yang berkerumun atau beraktivitas di luar rumah tanpa mengenakan masker.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya bersama unsur gugus tugas Muspika setempat memberikan edukasi untuk menumbuhkan tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan masker untuk meminimalisir penularan Covid 19.

Tak hanya itu, sejumlah agenda rutinitas pun terpaksa dihentikan seperti adanya pasar malam desa jelang ramadhan yang biasa digelar. “Walaupun menuai keluhan dari sebagian warga, namun terpaksa sementara ini aktivitas berkerumun kami hentikan untuk menghindari risiko pemicu terjadinya penularan Covid 19,” terangnya. 

Sementara itu, Camat Dawuan, H. Sidharta, AP., M.P mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pemerintah Desa Gandu dalam memerangi penyebaran Covid 19. 
“Saat ini yang dibutuhkan di tengah pandemi seperti penyemprotan disindektan di sarana komunal seperti masjid dan mushola berikut rumah warga merupakan langkah upaya dalam memutus mata rantai virus Corona,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Sidharta, sangatlah dibutuhkan penyampaian edukasi kepada masyarakat untuk mengenakan masker ketika bepergian. Pasalnya masih ada sebagian warga yang berkeliaran tidak memakai masker.

“Nah, ini sebagai bentuk kepedulian dari pemerintah desa membagikan masker sekaligus dijadikan ajang penyampaian edukasi kepada warga agar menyadari betul disamping sering mencuci tangan dengan sabun, dengan menggunakan masker akan tidak mudah tertular virus Corona,” pungkasnya. (yaya/SKN-2)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ramadhan 1441 H, WOM Finance Bagikan Al-Quran

MAJALENGKA, – Di bulan Ramadhan ini, banyak orang yang berlomba-lomba untuk melakukan ...

%d blogger menyukai ini: