Home / Berita Terkini / Petani Karayunan Sukses Panen Perdana Kedelai Refocusing

Petani Karayunan Sukses Panen Perdana Kedelai Refocusing

MAJALENGKA Sindangkasih News – Budaya bercocok tanam di Blok hutan Karayunan, Kec. Cigasong, Kabupaten Majalengka biasanya hanya ditanami ketela, singkong dan jagung. Namun tak sangka, berkat kegigihan pokja petani kawasan setempat itu dengan kandungan tanah lahan yang sebelumnya diklaim tidak memenuhi syarat untuk ditanami kedelai, akhirnya dapat terwujud.

Dikatakan Administatur Perum Perhutani KPH Majalengka Beddi Taviffudin, awalnya petani lokal di kawasan tersebut ragu-ragu, karena hasil uji sampel tanah dari lahan hutan Karayunan dinyatakan tidak memadai dan tidak memenuhi syarat.

Namun, berkat semangat dan keyakinan ingin mencoba serta mempraktekan hasil petunjuk serta bimbingan tentang cara menanam kedelai, kemudian melalui pola agroforestri akhirnya dalam kurun waktu 3 bulan kerja keras para petani menuai hasil.

“Alhamdulilah, berkat semangat tinggi, semangat menuntut sekaligus menerapkan ilmu itu, akhirnya menuai hasil yang memuaskan. Bahkan, dari kementrian dan provinsi juga datang untuk melihat hasil karya pokja petani Karayunan,” ungkapnya kepada Sindangkasih News.com seusai penyaksian Panen Perdana Kedelai Refocusing Tahun 2017 dan Tanam Perdana Kedelai Tahun 2018 di wilayah Perum Perhutani KPH Majalengka, Senin (5/03/2018).

Seremoni itu dihadiri pula oleh unsur Muspida, Kementrian Perhutani, Dinas Pertanian Propinsi Jawa Barat, Dinas Pertanian dan Peternakan Majalengka, Dinas Pangan Majalengka, dan unsur stakeholder pembangunan lainnya.

Beddi mengimbau, agar para petani lainnya dapat bekerja sama dan memanfaatkan peluang lahan sekaligus menciptakan keseimbangan fungsi hutan sehingga saling mendukung dan saling menikmati.

“Mudah-mudahan, proses belajar dan dinamika yang terjadi di Blok Karayunan ini bisa diterapkan dan diadopsi di hutan-hutan sekitar Majalengka lainnya, sehingga masyarakat di sekitar hutan tersebut bisa berinteraksi seimbang dan positif sehingga terwujud fungsi hutan secara ekologi, ekonomi dan sosial,” harapnya. (hen)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemkab Majalengka dan Kejaksaan Negeri Komitmen Tegakkan Hukum

MAJALENGKA, – Pemerintah Kabupaten Majalengka dan Kejaksaan Negeri Majalengka tandatangi kesepakatan kerjasama ...

%d blogger menyukai ini: