Home / Berita Terkini / Plora dan Fauna Kena Dampak Akibat Kebakaran di Gunung Ciremai

Plora dan Fauna Kena Dampak Akibat Kebakaran di Gunung Ciremai

MAJALENGKA, – Kebakaran yang terjadi di Gunung Ciremai hingga saat ini dipastikan belum bisa aman. Karena kebakaran hutan itu diperkirakan meluas hingga 328 hektare hingga berdampak pada flora dan fauna.

Dikatakan Syarif Pihak Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Menurut dia, satwa yang terdampak adalah satwa yang biasa bermukim di puncak Gunung Ciremai. Dan untuk evakuasi pendakian hingga saat ini di wilayah Kabupaten Majalengka sudah tidak ada, karena sejak terjadi kebakaran pada Rabu 7 Agustus 2019 jalur pendakian resmi ditutup.

“Hingga saat ini kami belum bisa memastikan penyebab utama kebakaran ini, karena masih fokus pada pemadaman,” katanya.
Jumat, (9/8/2019).

Sementar Kepala BPBD Kabupaten Majalengka, Agus Permana mengungkapkan untuk kondisi di lapangan, angin kencang mengarah ke arah selatan dan sebagian sebaran api mulai padam dan pemadaman secara manual tidak lagi efektif karena adanya jurang Cilongkrang dan jurang Ciwaringin yang sulit dilalui.

“Dalam hal ini Kami juga terus melakukan pengiriman logistik untuk tim gabungan di Pos 5, yang merupakan blok terdampak, di antaranya, blok 10j, 10i, 10k, 9i, 11i dan 11j,” terang Agus.

Pihaknya meminta bantuan dari BNPB untuk menurunkan water booming. Sedangkan untuk personelnya ia menerjunkan 44 orang dari Pos 5 pendakian jalur Apuy Majalengka. Jumlah personel yang terlibat sebayak 190 orang. (dan). 

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hadirnya Hotel Lain, Bukan Pesaing

MAJALENGKA, – Manajemen Hotel Fitra menganggap hotel baru yang bermunculan di wilayah ...

%d blogger menyukai ini: