Home / Ekonomi / Program Padat Karya Mengungkit Perekonomian Masyarakat Desa

Program Padat Karya Mengungkit Perekonomian Masyarakat Desa

MAJALENGKA, – Untuk menumbuhkan taraf ekonomi di pedesaan di saat pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Majalengka mengulirkan program padat karya. Program ini dimaksudkan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat pedesaan yang terdampak akibat pandemi.

“Kegiatan yang besumber dari APBD kabupaten ini bertujuan untuk membuka lowongan kerja dan menumbuh kembangkan gotong royong dan kekompakan masyarakat desa,” kata Bupati Kab. Majalengka, DR. H. Karna Sobahi, M.M.Pd di kegiatan acara program edukasi dan rembug desa di Cilangcang Kecamatan Cikijing, Selasa (20/10/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan KUKM, DR. Ir.  H. Sadeli, M.Si menjelaskan, di tahun ini ada 15 desa di Kabupaten Majalengka yang memperoleh bantuan program padat karya pembangunan jalan sepanjang 1 kilometer dengan alokasi anggaran sebesar Rp. 200 juta.

“Dari pagu anggaran tersebut diperuntukan bagi pembelian bahan untuk pembentukan badan jalan serta upah selama 12 hari kerja yang setiap harinya orang kerja sebanyak 65 orang dengan upah masing-masing sebesar Rp.75 ribu /hari,” jelas Sadili.

Menurutnya, jalan desa yang dibangun harus memiliki efek dampak menunjang perekonomian masyarakat. Misalnya,  pembangunan jalan menuju sawah atau kebun kemudian jalan penghubung antar blok atau jalan lainnya yang benar-benar bisa memiliki manfaat besar untuk mengungkit ekonomi masyarakat.(hen)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kodim 0617/Majalengka Gelar Kejuaraan Catur

MAJALENGKA, – Kodim 0617/Majalengka bekerja sama dengan Percasi Majalengka menggelar even pertandingan ...

%d blogger menyukai ini: