Home / Berita Terkini / Quick Response Raharja Permudah Akses Komunikasi Masyarakat dengan Pemerintah

Quick Response Raharja Permudah Akses Komunikasi Masyarakat dengan Pemerintah

MAJALENGKA, – Quick Response merupakan rangkaian 9 komitmen dari program skala prioritas start awal Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Majalengka dalam membangun 5 tahun mendatang  menuju Majalengka religius, harmonis, adil dan sejahtera (Raharja).

Dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di bidang informasi, Pemerintah Kabupaten Majalengka merancang sebuah layanan informasi dan pengaduan. Program ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Majalengka Raharja Quick Response memiliki dua layanan yaitu layanan aspirasi pengaduan online (LAPOR) dan Majalengka Raharja 112.

Terhitung hari ini, dua layanan informasi pengaduan tersebut mulai dijalankan. Secara seremoni di-launching oleh Bupati Kab. Majalengka disaksikan oleh perwakilan dari Menpan RB, perwakilan Kemenkominfo RI, perwakilan Kominfo Jabar di Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi Majalengka, Selasa (26/3/2019).

LAPOR adalah layanan pengaduan dan aspirasi berbasis tekhnologi informasi melalui berbagai jalur media sosial, SMS, aplikasi android dan website. Layanan ini dibentuk untuk merealisasikan kebijakan no wrong door policy, yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menangani, ungkap Bupati Kab. Majalengka, DR. H. Karna Sobahi, M.M.Pd.

“Dibentuk LAPOR bertujuan agar penyelenggara pelayanan publik dapat pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, terkoordinasi dengan baik serta memberikan akses partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan, dan tentu saja meningkatkan kualitas pelayanan publik,” jelasnya.

Kemudian, lanjut bupati, layanan Majalengka Raharja 112 merupakan layanan tanggap darurat yang dapat diakses melalui telepon ke nomor 112 gratis tanpa biaya.

Layanan ini ditujukan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat untuk menangani kondisi keadaan gawat darurat seperti kebutuhan layanan darurat bencana, penanganan kejadian kecelakaan, penanganan tindak kriminal dan gangguan keamanan/ketertiban, serta penanganan terhadap layanan ambulance dan layanan kesehatan atau jika ada tindakan kekerasan pada anak, paparnya.

Masih dikatakan Bupati Karna Sobahi, sistem pengaduan ini kemudian mengintegrasikan semua layanan telepon pengaduan dan pemberian informasi gawat darurat (emergency) dari OPD/lembaga/instansi terkait lainnya ke dalam sistem layanan Majalengka Raharja 112.

“Layanan ini mempermudah masyarakat dalam mengakses dan mendapatkan layanan gawat darurat serta mempermudah koordinasi penanganan keadaan gawat darurat dengan OPD, instansi pemerintah dan instansi terkait lainnya ke dalam satu sistem yang teritegrasi,” tandasnya. (hen)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kapolres Mariyono Lakukan Monitoring ke Sejumlah PPK Pemilu

MAJALENGKA, – Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono, melakukan monitoring ke sejumlah Panitia Pemilihan ...

%d blogger menyukai ini: