Home / Kesehatan / RSUD Majalengka Siapkan IPAL Atasi Limbah B3

RSUD Majalengka Siapkan IPAL Atasi Limbah B3

MAJALENGKA (SKN)  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majalengka siapkan IPAL dalam hal penanganan sampah Bahan Berbahaya  dan Beracun (B3) demi menjaga bersih dan aman lingkungan.

Dengan tersedianya Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) bak penampungan limbah, serta incinerator atau alat pembakaran sebanyak tiga buah.

Menurut Direktur RSUD Majalengka, dr. H. Harizal F. Harahap, MM memaparkan, rumah sakit bertanggung jawab dalam hal mengatasi hasil limbah bahan beracun dan berbahaya (b3) yang dihasilkannya

“Limbah yang dihasilkan RSUD Majalengka per bulannya mencapai sekitar tiga setengah ton. Dan menurut  undang – undang pun menjelaskan, barang siapa yang menghasilkan limbah b3 wajib untuk dikelola. Ditangani dengan cara mengumpulkan, penyimpanan serta penghancuran.” jelasnya.

H. Harizal menambahkan, pihaknya mempunyai mesin incinator atau alat pembakar sebanyak tiga buah yang jika dihitung seharga mencapai ratusan juta rupiah, yang jadi permasalahan yaitu tidak mempunyai ijin karena diketahui bahwa lokasi rumah sakit ini berada di tengah lingkungan jadi tidak bisa dioperasikan.

“Untuk itulah, kita lakukan upaya kerjasama dengan pihak ketiga. Ada dua, jasa pengangkut dan penghancur,” ujarnya.

Harizal menyebutkan, bahkan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) telah tersedia dan dikelola dengan baik, bak kontrolnya sudah diperiksa secara rutin dari kelaikan air limbah tersebut.

“Alhamdullilah semua sudah memenuhi syarat, bahkan sudah dites layak bisa dipakai buat minum.” pungkasnya. (rch)

 

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dari Hewan Qurban, Petugas Temukan Cacing Hati

MAJALENGKA, – Petugas Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka, menemukan beberapa hewan ...

%d blogger menyukai ini: