Home / Berita Terkini / Sikapi BIJB, Komisi V DPRRI Kunjungi Majalengka‎

Sikapi BIJB, Komisi V DPRRI Kunjungi Majalengka‎

BIJB1

MAJALENGKA (SKN) Kehadiran pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, bakal memacu percepatan pembangunan di wilayah Timur Jawa Barat. Dampak positif hadirnya megaproyek BIJB tersebut juga memacu pembangunan terintegrasi di wilayah Kabupaten Majalengka, seperti dibangunnya tol, kawasan aerocity, dan terwujudnya kawasan metropolitan.

Namun, dampak sosial pun harus pula disikapi pemerintah. Jangan sampai BIJB justru hanya menimbulkan dampak sosial bagi masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKS H.Nurhasan Zaidi, saat bersama rombongan melakukan kegiatan reses ke Pendopo Majalengka, Rabu (9/8).

“Kami ingin mengetahui kesiapan Pemkab Majalengka dalam menyambut BIJB. Karena itu, kami melakukan kegiatan kunjungan kerja ke Pemkab Majalengka yang langsung diterima Bupati Majalengka Sutrisno dan jajaran,” terang Nurhasan.

Dia pun berharap, pemerintah daerah dan pelaku usaha dapat memanfaatkan peluang kehadiran BIJB tersebut. Setelah adanya ppngoperasian bandara harus dapat dapat mengangkat pertumbuhan ekonomi daerah sekitarnya.

Sementara itu menurut sumber PT BIJB, H.Aang Hamid Suganda, bahwa Bandara Internasional Jabar tersebut ditargetkan beroperasi Maret 2018. Hal ini menjadi peluang bagi kabupaten dan kota sekitar bandara.

Dengan luas bandara hingga 1.800 hektar dan kawasan bisnis mencapai 3.480 hektar, BIJB potensial memicu pengembangan usaha dan pertumbuhan daerah di sekitarnya. Daerah yang dimaksud adalah sembilan daerah perbatasan di Jabar dan Jateng yang telah membuat ikatan kerja sama bernama Kunci Bersama.
Tujuh daerah berasal dari Jabar, yaitu Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran, dan Kota Banjar. Dua daerah lainnya adalah Kabupaten Brebes dan Kabupaten Cilacap, Jateng.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Investasi PT BIJB Erwin Syahputra menambahkan, pengoperasian bandara akan berdampak positif bagi daerah sekitar bandara. Berdasarkan kajian PT BIJB, pertumbuhan wisatawan di Majalengka, misalnya, akan tumbuh 100 persen dan 40 persen di Kota Cirebon. Adapun tenaga kerja yang dapat terserap di Majalengka, Cirebon, Kuningan, Indramayu, dan Kota Cirebon mencapai 19.000 orang. (SKN-G)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Karna Sobahi Dorong Pengembangan Wisata Alam Cibaringkeng dan Sanghyang Dora sebagai “Raja Ampat”nya Majalengka

MAJALENGKA, – Bupati Majalengka, DR. H. Karna Sobahi, M.M.Pd, mendorong berkembangnya pariwisata ...

%d blogger menyukai ini: