Home / Berita Terkini / Siswa SMK Pariwisata PGRI Majalengka Jurusan Akomodasi Perhotelan dan Tata Boga Dibekali Pemantapan Industri Pariwisata

Siswa SMK Pariwisata PGRI Majalengka Jurusan Akomodasi Perhotelan dan Tata Boga Dibekali Pemantapan Industri Pariwisata

MAJALENGKA, – Baru-baru ini siswa SMK Pariwisata PGRI Majalengka dibekali pengalaman pemantapan materi industri pariwisata. Sebanyak 50 siswa didampingi 12 guru bidang mengunjungi tiga destinasi wisata di Majalengka. Para siswa nampak asyik dan mengamati pembekalan tersebut. Rabu, (7/8/2019).

Berawal para siswa disuguhkan dengan indahnya Taman Ciboer Pass, mereka nampak antusias. Guru dibidang itu memberikan materi pembekalan tentang dunia pariwisata khususnya menata dan pengembangan wisata. Kemudian dilanjutkan ke Curug Cipeuteuy, disana para siswa melakukan penelitian untuk materi pengembangan pembelajaran.

Sementara yang mengisi materi pembelajaran, Siti julaiha yang juga alumni SMK Pariwisata PGRI Majalengka.

Terkait kegiatan itu dikatakan Retno Wulandari (Guru bidang pariwisata). Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk lebih memperkenalkan para siswa bagaimana bisa memahami terutama dalam segi pengembangan dibidang pariwisata, selain itu para siswa dianjurkan untuk melakukan laporan tentang kegiatan dengan waktu satu minggu dari kegiatan. yang dilaksanakan, dan para siswa Wajib up load di medsos,  instragram, fb, twiter dan memakai hashtag SMK Pariwisata Majalaengka.

“Kami para guru berharap akibat dari kegiatan ini akan menimbulkan adanya interaksi, hubungan, persepsi, dan membangun keuleutan juga ketekunan serta menumbuhkan karakter semangat tinggi,” katanya saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan.

Sasaran terakhir yang dikunjungi, Cikadongdong River Tubing yang berlokasi di Desa Payung. Para siswa diasyikkan dengan mencoba menguji adrenalin di sungai itu, dengan mencoba river tubing. Disana para disiswa dibekali materi terkait memanfaatkan alam lebih ke pengembangan hingga jadi destinasi wisata yang menghasilkan keuntungan.

Hal yang sama dipaparkan Guru Bidang Kesiswaan Asep Saiful Salam. Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan langkah pengenalan pada siswa agar adanya kesadaran dan rasa memiliki akan potensi wisata dan dapat menumbuhkan apresiasi atau sikap menghargai.

“Kali ini siswa dibekali materi industri pariwisata, mereka harus dapat menyesuaikan diri dan hadirnya minat khusus. Tentunya hal ini harus ditindak lanjuti dengan kesiapan atau persiapan kita yang memadai, menunjang, tepat, dan terarah. Pembelajaran ini merupakan modal dasar bagi siswa kami,” paparnya.

Kegiatan materi industri pariwisa yang dilakukan sangat dirasakan manfaat oleh para siswa. Seperti halnya Alex Ruslan Bahtiar (Siswa Tata Boga). Menurutnya, kegiatan yang dilakukan sangat bermakna dan lebih menambah wawasan untuk jurusan sekolahnya.

“Waah sungguh amat terkesan dengan kegiatan sekolah ini, saya merasa lebih yakin dan mantap di SMK Pariwisata Majalengka,” ungkap Alex.

Ungkapan serupa dikatakan Fadilah Ananda (Siswa Akomodasi Perhotelan). Menurutnya terjun langsung ke lapangan dalam pembelajaran terasa lebih terserap dan bisa lebih berangan dalam memikirkan pekerjaan juga pemikiran menciptakan lapangan pekerjaan.

“Saya amat senang dengan kegiatan ini, terlebih ketika saya melihat beberapa home stay di sekitar obyek wisata cipeuteuy, saya terkesan dengan penataan dan pemanfaatan tempat,” jelasnya.

Setelah para siswa mendapatkan pembekalan dari materi yang dijadwalkan kemudian para siswa ditugaskan membuat laporan paling lambat satu minggu dari pelaksanaan kegiatan.(dan).

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hadirnya Hotel Lain, Bukan Pesaing

MAJALENGKA, – Manajemen Hotel Fitra menganggap hotel baru yang bermunculan di wilayah ...

%d blogger menyukai ini: