Home / Berita Umum / Target PBB Rp.80 Miliar Optimis Tercapai

Target PBB Rp.80 Miliar Optimis Tercapai

MAJALENGKA, Sindangkasih News
Target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di tahun 2017 hanya mencapai 75 persen dari target sebesar Rp. 70 miliar hanya mencapai Rp. 57 miliar. Namun di tahun 2018 ini Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) khususnya bidang PBB siap mencapai target 100 persen yakni sebesar Rp. 80 miliar karena realisasi sampai dengan bulan Agustus 2018 sudah mencapai 50 persen.
Demikian dikatakan Kabid PBB dan BPHTB Aay Kandar Nurdiansyah di ruang kerjanya, Senin (03/09).

Menurut  Aay, kendala yang terjadi di tahun 2017 adalah masih banyaknya warga masyarakat yang tidak membayar PBB karena keberatan dengan naiknya tarif PBB yang mencapai 400 persen di 9 kecamatan.

“Kendala yang kami hadapi adalah banyaknya pertanian yang berhektar hektar sehingga merasa keberatan ketika harus membayar PBB dengan tarif yang tinggi khususnya daerah Kecamatan Kertajati. Yang kedua banyaknya masyarakay yang menjual tanahnya kepada pihak calo sehingga tidak ada AJB, hal ini menyulitkan kami mencari data pemilik tanah,” jelasnya.

Ketika disinggung masalah kampanye pasangan Sukarno yang menang di Pilkada Majalengka dan mengatakan dalam salah satu prioritas programnya adalah akan meninjau ulang tarif PBB yang saat ini sudah naik 400 persen, Aay mengatakan bahwa pihaknya sudah beberapa kali mengadakan rapat dengan Bupati Terpilih H. Karna Sobahi terkait hal ini.

“Intinya dalam NJOP itu kan tergantung nilai pasar, semakin tinggi nilai pasar maka NJOP akan menyesuaikan. Yang saat ini berlaku tarif nya adalah 0,15 persen. Nah untuk masyarakat kecil tarif ini masih dianggap tinggi kalau untuk perusahaan sih tidak ada masalah. Maka ini perlu diturunkan misalnya saja kita ajukan sesuai kajian sebesar 0, 05 persen. Hal ini akan sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti hanya memiliki rumah atau tanah di bawah nilai Rp. 500 jutaan. Kita akan bikin kelas yang diatas 1 miliar dan yang dibawah 500 juta,” tambah dia.

Masih kata Aay, jika hal ini sudah kita sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat insyaallah target PBB akan tercapai pada setiap tahunnya sesuai harapan pemerintah. (Dan/Gan).

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hadirnya Hotel Lain, Bukan Pesaing

MAJALENGKA, – Manajemen Hotel Fitra menganggap hotel baru yang bermunculan di wilayah ...

%d blogger menyukai ini: