Home / Fokus Majalengka / Tingkatkan IPM di Bidang Pendidikan, Disdik Majalengka Launching Pendataan Gertak Wajar

Tingkatkan IPM di Bidang Pendidikan, Disdik Majalengka Launching Pendataan Gertak Wajar

MAJALENGKA, – Dinas Pendidikan bidang PAUD dan DIKMAS Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka selengggarakan rapat koordinasi pemetaan data warga belajar dan launching pendataan gerakan serentak warga belajar (Gertak Wajar) bertempat di meeting room Garden Hotel Majalengka, Rabu (11/03/2020).

Rakor pemetaan data warga belajar ini turut dihadiri Kepala Dinas Kominfo Kab.Majalengka, Kepala Badan Pusat Statistik, Kepala Bapedalitbang atau yang mewakilinya, Kepala Disdukcapil, para Camat, Ketua Dewan Pendidikan Kab.Majalengka, para Penilik se-Kab.Majalengka, Ketua PKBM se-Kab.Majalengka.

Kepala Dinas Pendidikan Majalengka, H. Ahmad Suswanto, S.Pd., M.Pd mengatakan, hal tersebut sebagai langkah awal upaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di bidang Pendidikan di Majalengka dengan melakukan pendataan serentak warga belajar.

Kadisdik mengutarakan, berdasarkan data akhir 2018 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Pendidikan Nasional 70,25 sedangkan IPM pendidikan Jawa Barat 78,6 sementara IPM pendidikan di Majalengka yaitu 65,93.

“Untuk data di tahun 2019 kami masih menunggu dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun sampai hari ini tampaknya data tersebut belum bisa kami terima. Harapan kami mudah-mudahan pada Rakornas yang akan datang itu sudah bisa kami terima,” urai Kadisdik.

Melalui program tersebut, Ahmad berharap, Gertak Wajar dapat memudahkan pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) untuk menyisir melakukan pendataan terhadap anak usia yang seharusnya sekolah tidak sekolah atau anak yang putus sekolah, sehingga nantinya didapatkanlah data akurat yang nantinya dijadikan acuan kebijakan program pembangunan.

“Mudah-mudahan dengan prorgam pendataan ini pada akhirnya dapat meningkatkan proses pendidikan yang lebih lanjut melalui kegiatan di pusat PKBM yang ada di tiap kecamatan serta dengan program ini bisa mendongkrak IPM Pendidikan di Kab. Majalengka,” paparnya.

Rakor pemetaan warga belajar yang dilakukan Disdik diapresiasi dari Sekretaris Daerah Kab.Majalengka. Pasalnya program tersebut jelas terkait dengan meningkatkan IPM bidang pendidikan di Majalrngka.

“Hal ini tentu akan mempermudah cara pendaftaran wajib belajar. Setiap warga Majalengka usia sekolah dan tidak sekolah akan terdata secara akurat dan kemudian dibimbing untuk melanjutkan sekolah ke PKBM-PKBM,” jelas Sekda Majalengka, Drs. Eman Suherman, MM.

Menurut Eman, pendataan tersebut merupakan program yang real dalam mempermudah akses pendidikan sehingga dapat meningkatkan rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah.

Eman menambahkan, peningkatan IPM pendidikan harus dilakukan secara terintegrasi dan berkolaborasi secara simultan antar dinas terkait di antaranya Dinas Pendidikan, Bapedalitbangda, Disdukcapil, Dinas Kominfo dan camat sebab institusi inilah yang memiliki peran dan tugas masing-masing dalam meningkatkan IPM pendidikan. (hen)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

HIPMI Majalengka Gelar Workshop Bagi Pelaku Dunia Usaha Terdampak Covid 19

MAJALENGKA, – Pandemi Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan sebutan virus corona ...

%d blogger menyukai ini: