Home / Kuliner / Yuk!!! Nyicipi “Kaledo” Makanan Khas Palu

Yuk!!! Nyicipi “Kaledo” Makanan Khas Palu

 

Sulteng (SKN) Sebagaimana kota atau daerah lain, pada umumnya setiap daerah memiliki kuliner khas daerahnya. Demikian pula di Provinsi Sulawesi Tengah. Selain bawang goreng, Sulawesi Tengah, khususnya Donggala dan sekitarnya menurut Amhy salah seorang rekan wanita asal Parigi Moutong Sulteng ada pula kuliner khas terkenal andalannya yaitu Kaledo.

Kaledo adalah masakan berupa sup yang rasanya asam bercampur pedas. Kata Kaledo sendiri menurut masyarakat setempat adalah kepanjangan dari Kaki Lembu Donggala, sehingga masakan ini lebih dikenal dengan makanan khas masyarakat Donggala. Dari kepanjangan Kaledo itu sendiri, kita dapat menyimpulkan, bahwa isi dari sup ini adalah kaki lembu. Namun, oleh karena kaki lembu sulit diperoleh, maka sebagai penggantinya adalah kaki sapi. Masih berbicara tentang arti Kaledo, ada juga yang mengatakan, bahwa Kaledo berasal dari Bahasa Kaili, bahasa penduduk Palu. Ka artinya Keras, dan Ledo artinya Tidak, sehingga dapat diartikan “tidak keras”.

 

Seperti namanya dan telah disebutkan di atas, bahan utama untuk membuat Kaledo ini adalah tulang kaki sapi dan tulang iga yang masih terdapat daging yang menempel. Daging yang menempel ini empuk dan mudah terlepas dari tulang. Untuk supnya, bahan yang digunakan antara lain cabai, garam, asam, dan jeruk nipis. Bisa dibayangkan betapa rasa sup bisa menggugah selera makan. Selain daging yang menempel pada tulang tersebut, kita juga bisa menikmati sumsum yang ada dalam tulang kaki sapi tersebut. Untuk menikmatinya, kita bisa menghirupnya dengan bantuan sedotan plastik.

Kuliner ini dapat kita jumpai di Kota Palu atau Kab. Donggala. Jadi, apabila Anda sedang berada di Kota Palu, Anda bisa mencoba kuliner khas ini. Bumbu yang diracik dan disantap ketika masih panas, cukup ampuh untuk mengusir rasa dingin atau untuk menghangatkan badan. (rch)

About Sindangkasih News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Olahan “Butiran Hitam” Khas Urang Majalengka

MAJALENGKA (SKN), Ampas kecap merupakan limbah dari agro industri kecap yang berbahan ...

%d blogger menyukai ini: